Ternyata Pembangunan Masjid Raya Padang Pariaman, Terinspirasi Dari Masjid Jame' Asr Hassanil Bolkiah -->

Ternyata Pembangunan Masjid Raya Padang Pariaman, Terinspirasi Dari Masjid Jame' Asr Hassanil Bolkiah

Jumat, 06 Maret 2020, 11.14.00
Fhoto Dok.Humas dan Protokol Padang Pariaman.

PARIT MALINTANG- Mesjid Raya Padang Pariaman merupakan bentuk perwujudan inspirasi Bupati Padang Pariaman Drs. Ali Mukhni dari Masjid Jame' Asr Hassanil Bolkiah di Simpang 127, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

Inspirasi ini muncul ketika Bupati Padang Pariaman bersama  Gubernur Sumatra Barat  Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S.Psi., M.Sc. mengunjungi  Brunnei Darussalam pada pertengahan  tahun 2018 lalu.

Masjid Jame’Asr Hassanil Bolkiah dikenal juga dengan nama masjid Kiarong kerena memang lokasinya berada di Kampung Kiarong.

Inilah Masjid Raya Padang Pariaman di Komplek Kantor Bupati Paritmalintang. Fhoto : Dok.Humas dan Protokol Padang Pariaman

Masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di Brunei yang dilengkapi  dengan 29 kubah, terdiri dari 2 kubah besar berwarna emas dan 27 kubah-kubah kecil untuk menutupi menara yang mengelilingi pada bagian bangunan utama masjid.

Kubah dan menara yang dimiliki oleh Masjid Jame’Asr Hassanil Bolkiah ini menjadi inspirasi Bupati Padang Pariaman untuk pembangunan Masjid Raya Padang Pariaman yang saat ini juga memiliki Kubah besar berwarna emas serta memiliki menara-menara kecil disekelilingnya.

Inilah Masjid Jame' Asr Hassanil Bolkiah. Fhoto.Dok.Humas dan Protokol Padang Pariaman.

Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman berharap agar  Masjid Raya Padang Pariaman ini segera diselesaikan.

" Pembangunan Masjid yang kita cintai dapat menyerupai Masjid Jame’Asr Hassanil Bolkiah yang ada di Brunnei Darussalam. Diharapkan agar Masjid ini dapat memberikan kenyamanan pada setiap jamaah yang beribadah,” harap Bupati Ali Mukhni,  di Paritmalintang, beberapa waktu lalu. (rel/humas)

TerPopuler