Desa Sikabu Pariaman Selatan Dicanangkan Walikota Sebagai Kampung Tangguh Nusantara -->

Desa Sikabu Pariaman Selatan Dicanangkan Walikota Sebagai Kampung Tangguh Nusantara

Rabu, 17 Juni 2020, 05.00.00

PARIAMAN---Walikota Pariaman, Genius Umar didampingi Forkopimda Kota Pariaman secara langsung melakukan pencanangan Kampung Tangguh Nusantara “ Desa Sikabu Sigap ” bertempat di Kantor Desa Sikabu Kecamatan Pariaman Selatan, Svelasa(16/06/2020) kemarin.

“ Di Kota Pariaman baru satu desa yang dinyatakan desa tangguh yakni Desa Sikabu dibawah binaan Polres Pariaman,“ kata Genius Umar

Ia menyatakan bahwa desa tangguh merupakan desa yang memilki kesiapsiagaan terhadap bencana virus Covid-19.

Ada beberapa aspek yang dinilai yakni dari segi kesehatan, bagaimana penanganan kesehatan, pos pengamanan, posko penanganan Covid-19 dan keberadaan kelompok masyarakat yang menjadi tim gugus tugas ditingkat desa.

Kedua dari segi perekonomian, dimana desa memiliki kesiapsiagaan ketahanan pangan yang memiliki lahan untuk ditanam sekaligus dari segi perikanananya dan desa ini menyatakan siap dengan semua ini.

Sementara dari segi keamaanan, desa ini memiliki CCTV dan kampung bebas narkoba. Semua keterpaduan desa ini baik dari perangkat desa dan unsur yang ada ditingkat desa.

Selain itu, Desa Sikabu ini juga memiliki rumah isolasi atau tempat karantina bagi warga yang baru datang dari rantau. Mereka dikarantina ditempat yang telah disediakan dan sistemnya pun sudah berjalan.

" Ini baru pertama kali di Kota Pariaman, dan nantinya ada beberapa desa yang segera menyusul kecepatan dari Desa Sikabu ini. Untuk itu, kami menghimbau kepada semua  desa untuk mengimplementasikan hal yang sama dan menyusul seperti Desa Sikabu”, tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Pariaman, AKBP. Deny Rendra Laksamana menyampaikan bahwa ini merupakan desa file project di Kota Pariaman.

“ Untuk penilaian ini ada hal yang utama yakni kesehatan mulai dari tempat karantina, tenaga medis dan protokol kesehatan. Kedua ketahanan pangannya, ketiga keamanan yaitu adanya portal pintu keluar masuk “ ujarnya.

Kelebihan lain dari Desa Sikabu ini juga memiliki kampung narkoba dan literasi Wifi, semua ini menjadi nilai tambah untuk penilaian ini. Nantinya, desa-desa lain bisa study banding atau belajar dari semua yang telah dilakukan Desa Sikabu.

“ Kami diperintahkan Kapolri agar masing-masing kapolres mendata wilayah atau kampung tangguh nagari rumah gadang dalam rangka HUT Bhayangkara,“ulasnya.

Seluruh Polres yang memiliki unggulan-unggulan tadi termasuk Polres Pariaman adalah Desa Sikabu yang akan dinilai tim polda melalui tiga aspek tadi dan bagaimana implementsinya dilapangan. Setelah berada ditingkat Polda nantinya akan dikompetasikan secara nasional (rel/harsy)

TerPopuler