Kanderi : Program SAGASAJA Program Unggulan Pemko Pariaman Tingkatkan Kualitas SDM

Kanderi : Program SAGASAJA Program Unggulan Pemko Pariaman Tingkatkan Kualitas SDM

Selasa, 16 Juni 2020, 08.18.00

PARIAMAN---Sebanyak 266 orang pendaftar yang lulus seleksi administrasi Program Satu Keluarga Satu Sarjana (Sagasaja) Pemko Pariaman hadir di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora)  Kota Pariaman, Senin pagi, 15/6/2020.

Kehadiran calon mahasiswa tersebut guna mendapatkan informasi lanjutan mengenai Program Sagasaja yang telah dilaksanakan sejak Tahun 2018 lalu.

Kepala Dinas Dikpora Kota Pariaman, Kanderi menginformasikan bahwa Progran Sagasaja merupakan salah satu program unggulan guna meningkatkan kualitas Sùmber Daya Manusia (SDM) generasi muda Kota Pariaman.

Pemko Pariaman sangat serius dengan peningkatan SDM unggul masyarakat melalui berbagai program. Untuk tingkat SD dan SMP ada namanya Kartu Pariaman Pintar (KPP).

" Meskipun sekolah SD dan SMP telah digratiskan namun Pemko Pariaman juga menyediakan beasiswa bagi siswa kurang mampu. Untuk tingkat SMA juga telah dibayarkan uang sekolahnya melalui Bantuan Keuangan Khusus (BKK) kepada SMA dan SMK di Kota Pariaman, sedangkan untuk kuliah, Pemko Pariaman memiliki Program Sagasaja," ujarnya.

Program Sagasaja telah dilaksanakan sejak Tahun 2018. Sebanyak 19 orang kuliah di Politeknik Negeri Padang (PNP). 

Pada Tahun 2019 meningkat menjadi 52 orang yang difasilitasi melalui program ini, Perguruan Tinggi (PT) yang telah bekerjasama  antara lain PNP, Politeknik ATI Padang, Poltekpel Sumbar dan Politekni Kelautan dan Perikanan (PKP).

"Pada Tahun 2020 ini kerjasama Pemko Pariaman dikembangkan lagi dengan pendidikan vokasi UI dan vokaai IPB. Ditargetkan bisa memfasilitasi 120 orang pemuda Kota Pariaman untuk kuliah di perguruan tinggi yang sudah bekerjasama," terangnya lagi.

Kanderi juga menjelaskan setelah lulus seleksi administrasi maka setiap calon pendaftar kuliah melalui Program Sagasaja kemudian mendaftarkan diri ke PT yang dipilih melalui jalur pendaftaran yang telah ditentukan oleh kampus maaing-masing.

"Dari 266 pendaftar yang lulus seleksi administrasi, ada peluang cukup besar untuk lulus karena 1 banding 2 untuk lulus ke perguruan tinggi yang dipilihnya, karena ada 120 orang yang akan difasilitasi oleh Pemko Pariaman yang akan difasilitasi melalui Program Sagasaja Tahun 2020 ini," jelasnya lagi.

Untuk tes akan diserahkan ke PT masing-masing,  setelah dinyatakan lulus oleh PT baru Pemko Pariaman akan membiayai. Pembiayaan yang akan ditanggung oleh Pemmo Pariaman meliputi uang semester, uang pembangunan dan uang praktek serta tambahan uang saku 500 ribu perbulannya. (Rel/Harsy)

TerPopuler