Kunjungi Sampan, Wawako Pariaman Mardison Mahyuddin Minta Batik Sampan Perlu Dikembangkan Lagi -->

Kunjungi Sampan, Wawako Pariaman Mardison Mahyuddin Minta Batik Sampan Perlu Dikembangkan Lagi

Kamis, 18 Juni 2020, 19.21.00
Wawako Pariaman Mardison Mahyuddin didampingi Istri  Melihat Dari Dekat Batik Sampan. Fhoto : Harsy Warsilah

PARIAMAN---Membatik ternyata tidak hanya dilakoni orang Jawa, kini warga Sampan tepatnya di Dusun Parit Punggung Lading Kecamatan Selatan juga menggeluti usaha batik tersebut.

Kamis (18/06/2020) usaha Batik Sampan itu dikunjungi Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin di dampingi Ketua GOW Kota Pariaman Indriati Mardison.

Menurut Mardison Mahyuddin, batik sampan adalah aset Kota Pariaman  ini perlu ditumbuh kembangkan diperhatikan dan dilakukan pembinaan  lebih serius oleh Dinas Perindagkop.

" Caranya dengan selalu memberikan pembinaan pada UKM ini, sehingga batik ini bisa kita promosikan sebagai batik Pariaman yang perlu kita berikan sebagai souvenir buat pariwisata yang datang ke Kota Pariaman kemudian juga untuk baju ASN Kota Pariaman," ulas Mardison.

Sementara itu Rini Safitri warga Dusun Parit salah seorang pengrajin batik mengaku sejak mengikuti pelatihan membatik yang di lakukan  Balai Diklat Indusri Padang yang terselenggara atas kerjasama dengan Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman selama 18 hari pada 10 Oktober 2019 lalu, sudah mahir.

" Alhamdulilah sudah mahir dan membuka usaha kecil-kecilan, sejak mengikuti pelatihan tersebut saya jadi tahu bagaimana teknik melukis batik yang baik, cara mencanting hingga memberi warna," ulasnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Walikota Pariaman, Wakil Walikota Pariaman, Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman, Pemerintah Desa Punggung Lading seluruh warga Punggung Lading yeng telah mempromosikannya.

Pewarta : Harsy Warsilah

TerPopuler