KPU Pasbar Pimpinan Apel Coklit Serentak di Kecamatan Talamau -->

KPU Pasbar Pimpinan Apel Coklit Serentak di Kecamatan Talamau

Sabtu, 18 Juli 2020, 21.59.00

PASAMAN BARAT-- Pada 18 juli apel coklik serentak seluruh Indonesia, yang dilaksanakan serentak oleh KPU RI, KPU Propinsi KPU kabupaten.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat melaksanakan apel Gerakan pencocokan dan penelitian (Coklik) serentak,Pada Sabtu 18 Juli 2020 di seluruh kecamatan dan Nagari (Desa) se Kabupaten Pasaman Barat.

Apel Coklik serentak di Kabupaten Pasaman Barat dimulai jam 7:00 Wib.

Petugas Pemutahiran Daftar Pemilih (PPDP) di kecamatan Talamau sebanyak 93 orang petugas terdiri 39 orang di Nagari kajai. 26 petugas di Nagari  Sinuruik. 28 orang Di Nagari Talu.

KPU betul betul fokus sepenuhnya memaksimalkan pemutahiran data pemilih se Pasaman Barat.

Pembina Apel pada kecamatan Talamau oleh Alfi Syahrin, Komisioner KPU Pasaman Barat.

Peserta apel seluruh petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) kecamatan Talamau.
Dihadiri oleh Panwascam Talamau,  PPK Talamau dan sekretariat
Apel Coklik tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan Covid 19 dengan mengunakan masker, kacamata pelindung
Di kecamatan Talamau dilaksanankan di Halaman kantor Camat Talamau


"Apel gerakan coklik serentak merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan coklik yang dimulai dari 15 Juli sampai dengan 13 Agustus 2020," ungkap Alfi Syahrin, Komisioner Divisi perencanaan data dan informasi.

Ia mengatakan, apel Gerakan Coklik Serentak (GCS), bertujuan mendukung semangat Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) yang bekerja dan bergerak serentak mendatangi rumah ke rumah pemilih untuk memastikan seluruh warga yang punya hak pilih, betul betul terdaftar sebagi prmilih pada pemilihan Kepala Daerah Sumbar serta Kepala Daerah Kabupaten Pasaman barat tahun 2020.

"Kita membuktikan bahwasanya penyegara bekerja maksimal dalam pemutahiran data pemilih" ujarnya.

"Saya Komisioner KPU Pasaman Barat sebagai pembina apel di kecamatan Talamau. dan Komisioner KPU lainnya juga melaksanakan apel Coklik serentak, Ketua KPU Pasbar Alharis,SPd di Kecamatan Pasaman dilaksanalan  halaman kantor KPU Pasbar, Komisioner Misdarliah di kecamatan Gunung Tuleh,Adri Di Kecamatan Kinali, Wanhar di Kecamatan Lebah Melintang" jelas Alfi Syahrin.

"Tahapan Pencocokan dan penelitian data pemilih yang dimulai tanggal 15 Juli sampai dengan 13 Agustus 2020. Pada 15 Juli kegiatan klik serentak pada intinya diminta seluruh masyarakat untuk mengunjungi website  lindungihak pilihmu.co.id untuk memastikan ikut serta pemilih" amanahnya pada apel Coklik serentak.

Selanjutnya monitoring bersama dilakukan oleh KPU Pasbar bersama PPK, PPS dan mitra kerja Panwascam Talamau di beberapa titik khusus tokoh masyarakat yang suda ditetapkan oleh PPK dan PPS sebagai Influence atau tokoh masyarakat di kecamatan Talamau.

GCS ini juga bentuk ajakan keterlibatan tokoh-tokoh di wilayah berbasis TPS masing-masing, mulai tokoh agama, tokoh adat serta masyarakat pemilih yang dijadikan panutan warga di kejorongan dan nagari" katanya.

Target GCS serentak oleh PPDP minimal mencoklik lima tokoh di wilayahnya. Jika jumlah petugas PPDP yang berjumlah 93 dikalikan lima, secara keseluruhan total tokoh-tokoh yang tercoklik serentak di hari Sabtu, sebanyak 465 orang.

Setelah mencoklik lima tokoh, selanjutnya PPDP akan melaksanakan coklik seperti biasa pemilih lain di TPS masing-masing.

Agar masyarakat bisa memastikan apakah sudah terdaftar atau belum sebagai pemilih pada pemilihan gubernur,bupati serentak yang akan dilaksanakan pada Rabu 9 Desember 2020.

Masyarakat jangan takut dan ragu bila didatangi Petugas PPDP karena sudah dilengkapi atribut nametag pengenal dan pakai alat pelindung diri pelindung wajah face seek, masker,sarung tangan untuk cegah covid-19.

Kami juga mengajak terus warga  masyarakat dan stakeholder untuk berpartisipasi untuk menggunakan hak pilih pada pemilihan kepala daerah gubernur dan wakil gubernur Propinsi Sumatera Barat serta pemilihan bupati dan wakil bupati pada Rabu 9 Desember 2020 nanti" himbauny

(Robi Irwan)

TerPopuler