Pertama di Sumbar, Nagari Talu Gelar Pemilihan Anggota BAMUS Melalui Pemilihan Langsung Ala Pileg -->

Pertama di Sumbar, Nagari Talu Gelar Pemilihan Anggota BAMUS Melalui Pemilihan Langsung Ala Pileg

Kamis, 09 Juli 2020, 07.27.00

PASAMAN BARAT---Nagari Talu Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat,  sukses melaksanakan pemilihan langsung anggota Badan Musyawarah di nagari itu yang merupakan perdana di Sumbar.

"Biasanya pemilihan Badan Musyawarah Nagari Talu memakai sistem keterwakilan unsur masyarakat. Saat ini kita memakai sistem pemilihan langsung melibatkan masyarakat untuk memberikan suaranya," kata Ketua Panitia Pemilihan Bamus Nagari Talu Yondrizal di Simpang Empat, Rabu.

Ia mengatakan pemilihan langsung ini diadakan dalam rangka mengikutsertakan masyarakat secara langsung dan bisa melihat calon yang ikut dan yang berkompeten.

"Secara aturan dibolehkan melakukan pemilihan langsung selain sistem keterwakilan. Sistem pemilihan langsung ini lebih demokratis dan terbuka," sebutnya.

Menurutnya pemilihan langsung Bamus itu secara tidak langsung mengedukasi masyarakat tentang hal demokrasi ditingkat nagari.

"Masyarakat yang menentukan pilihan karena Bamus itu ada dan sangat penting keberadaannya dalam hal perencanaan dan pengawasan pembangunan. Artinya Bamus ibarat anggota DPR ditingkat nagari," sebutnya.

Ia menjelaskan pelaksanakan pemilihan langsung Bamus Nagari Talu berjalan dengan amam dan lancar.

Sekitar 20 Tempat Pemungutan Suara (TPS) disediakan di lima Daerah Pemilihan yakni di Jorong Perhimpunan, Jorong Merdeka, Jorong Tabek Sirah, Jorong Sungai Janiah dan Jorong Patomoan.

Daftar pemilih tetap berjumlah 6.122 orang dengan jumlah laki-laki 3.127 orang dan perempuan 2.995 orang.

"Jumlah calon yang ikut berjumlah 38 orang dengan kursi yang diperebutkan sembilan orang," katanya.

Ia menyebutkan pemilihan langsung diadakan seperti pelaksanaan pemilihan umum. Selain pakai kertas suara juga dilengkapi pakai saksi dan Petugas Pemungutan Suara sebanyak tiga orang di TPS.

"Perhitungan suara dilaksanakan di masing-masing TPS dan rekapitulasi akan dilaksanakan di sekretariat panitia pemilih nantinya dan akan jelas siapa pemenangnya," ujarnya.

Untuk dua nagari lagi yakni Nagari Sinuruik dan Nagari Kajai juga akan melaksanakan pemilihan langsung dalam waktu dekat ini.

Informasi dilapangan hingga pukul Rabu sore  tingkat partisipasi masyarakat memberikan suara berkisar 70-75 persen.

Untuk hasil sementara yang diperolah dilapangan untuk Dapil Jorong Sungai Janiah calon nomor 6, Matnius Khatib unggul sementara dan disusul oleh calon nomor urut 9, Aljufri.

Sedangkan untuk hasil sementara empat Dapil lagi masih proses perhitungan dan perekapan suara keseluruhan akan dilakukan pada Kamis (9/7).

(Robi Irwan)

TerPopuler