Walikota Pariaman Dapat Kehormatan Buka Webinar yang digelar TPO, Dengan Peserta 150 Kota di Asia Pasific

Walikota Pariaman Dapat Kehormatan Buka Webinar yang digelar TPO, Dengan Peserta 150 Kota di Asia Pasific

Rabu, 08 Juli 2020, 12.50.00

PARIAMAN---Walikota Pariaman Genius Umar mendapat kehormatan tampil sebagai welcoming speech atau membuka kegiatan Web Seminar (Webinar) yang digelar oleh TPO (Tourism Promotion Organization) for Asia Pasific Cities Tahun 2020, Selasa (7/7/2020).

Webinar melalui vidio conference (vidcon) yang diikuti oleh 150 kota di 16 negara se Asia Pasific tersebut mengangkat tema " Rekonstruksi Pariwisata Pasca Pandemi Covid-19 ".

TPO berfungsi sebagai jaringan antara pemerintah kota dan entitas swasta di arena pariwisata.

TPO bertujuan untuk membangun jaringan antar kota untuk mengembangkan praktik pariwisata terbaik dan pengembangan industri pariwisata antara kota-kota anggota Asia Pasifik.

Walikota Pariaman Genius Umar yang juga menjabat selaku Co President TPO for Asia Pasific tersebut dalam sambutannya dihadapan 150 perwakilan kota se Asia Pasific mengatakan, pariwisata adalah aspek terpenting untuk meningkatkan ekonomi khususnya bagi kota-kota yang menjadikan pariwisata sebagai tulang punggungnya.

" Hampir semua kota di seluruh dunia mengalami penurunan jumlah kunjungan pariwisatanya akibat pandemi ini. Kita tidak bisa menghentikan pariwisata terlalu lama, tapi kita bisa membukanya dengan beberapa persyaratan terutama untuk daerah yang persentasi penularannya kecil atau zona hijau. Yang terpenting lagi disiplin terhadap protokol kesehatan agar virus tersebut tidak lagi menular kemana-mana, " ujar Genius.

Dalam diskusi yang apik tersebut, lanjut Genius, semua kota sepakat untuk membuka kembali pariwisatanya dengan konsep keamanan dan kesehatan yang harus dijaga, karena kita tidak tau sampai kapan virus ini akan hilang.

Genius menambahkan, pada umumnya langkah kebijakan yang diambil negara lainnya sama dengan tahapan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Pariaman seperti tahapan PSBB, kemudian fase new normal.

" Kota Pariaman telah mengalami penurunan ekonomi akibat pandemi ini, setelah lepas dari PSBB dan new normal, pemerintah kembali membuka sisi-sisi pariwisata kota tujuannya untuk memulihkan kembali ekonomi yang sudah melemah," sambung Genius.

Disamping itu, di kota-kota anggota TPO di berbagai negara di Asia Pasific mengalami hal yang sama, kita melakukan sharing beberapa destinasi wisata yang telah dibuka akan tetapi semuanya menerapkan protokol Covid-19 yang ada seperti mengatur jarak, tidak berkerumun dan disiplin memakai masker.

" Seperti halnya negara Korea, dimana wisata yang berlaku saat sekarang ini adalah wisatawan lokal atau antar provinsi, dan jarang menginap keluar. Sementara untuk hotel dan penginapan, mereka lebih menyukai hotel yang bersiftat cottage dibanding city hotel yang banyak orangnya," tuturnya.

Dihadapan Sekjen TPO Kim Soo Il dan seluruh anggota, Genius juga promosikan Kota Pariaman sebagai kota indah, baik pantai maupun pemandangan pulau yang membentang di depannya.

Dengan penataan fasilitas dan infrastruktur yang indah, menjadikan Kota Pariaman sangat cocok untuk berlibur bagi wisatawan. Oleh karena itu, saya juga mengundang semua anggota TPO di 16 negara dengan 150 anggota kota di seluruh dunia untuk datang Kota Pariaman ini.

Ia juga mengatakan, Kota Pariaman dalam waktu dekat berencana akan mengadakan perkemahan pemuda Asia Pasifik 2020.

Dikatakannya juga bahwa, dengan terpilihnya Kota Pariaman sebagai Co President TPO, itu akan sangat membantu promosi Kota Pariaman yang lebih dikenal di kawasan Asia Pasifik, dan tentunya akan berdampak pada tingkat kunjungan wisatawan. (rel/Harsy)

TerPopuler