Begini Semangat Gotong Royong, Anak Muda Batang Gasan Perbaiki Akses Jalan Warga di Kampung Piliang -->

Begini Semangat Gotong Royong, Anak Muda Batang Gasan Perbaiki Akses Jalan Warga di Kampung Piliang

Kamis, 06 Agustus 2020, 09.11.00

Oleh: Indra Gunawan 

PEMUDA-Pemudi dari pinggiran ini mencatat Sejarah, mengukirkan kebanggaan sebagai manusia yang saling topang menopang membawa asa dari tepian. yaitu ANAK BATANG GASAN PEDULI, suatu komunitas sosial yang peduli kepada Nagari.

Sejumlah Anak muda, Kecamatan Batang Gasan, Kabupaten Padang Pariaman, bergotong royong memperbaiki jembatan jalan yang longsor akibat banjir hujan deras. Mereka bahu membahu memperbaiki jembatan jalan yang menghambat aktivitas warga kampung untuk berlalu-lalang di Kampung Piliang Kecamatan Batang Gasan

Inisiatif Anak Muda Batang Gasan Peduli muncul setelah melihat jembatan tempat warga kampung berlalu-lalang ambruk di terjang air deras pasca hujan deras pada bulan Juli 2020 kemarin. Hal itu menghambat sejumlah aktivitas warga di karenakan jembatan jalan terputus.  yang dapat memicu terjadinya akses jalan di tutup sementara. 

Anak Muda Batang Gasan peduli menghimbau juga kepada warga yang berada di sekitaran kampung piliang untuk bersama bergotong royong memperbaiki jembatan yang hancur akibat di terjang derasnya aliran air sungai. 

Akibat hujan deras pada bulan Juli , banyak jalan yang rusak dan hancur di terjang derasnya aliran air sungai di karenakan di kecamatan batang gasan banyak aliran sungai yang menuju laut lepas.

Dari sini bisa kita lihat bahwa semangat anak muda untuk membangun nagari bisa kita lihat bersama-sama, yang mengambil inisiatif dikala yang lain hanya melihat dan termenung menunggu bantuan.

Tetapi berbeda dengan anak muda Batang Gasan peduli, yang datang tidak di undang dan pulang tidak di antar bersemangat untuk bergotong royong.

Kita bisa mengingat dengan perkataan seorang filsut yang bernama aristoteles yang mengatakan manusia itu adalah zoon politikon, makhluk sosial, makhluk hidup yang membentuk masyarakat.

Dalam masyarakat pemuda diharapkan memberikan peranan-peranan nyata yang langsung dirasakan dalam masyarakat. 

Peranan dari pemuda yang diharapkan dapat mewujudkan membawa maju desanya dan menciptakan kehidupan yang sejahtera dalam masyarakat. 

Untuk mewujudkan suatu kehidupan yang sejahtera dalam masyarakat tentunya harus ada kerjasama atau gotong royong dari berbagai elemen yang ada dalam masyarakat. 

Setiap elemen dalam masyarakat tersebut berperan secara maksimal sesuai dengan kedudukannya

Kehidupan manusia dalam masyarakat tidak terlepas akan adanya interaksi sosial antar sesamanya. 

Oleh sebab itu di dalam kehidupan masyarakat diperlukan adanya kerja sama dan sikap gotong royong dalam menyelesaikan segala permasalahan. 

Dalam kegiatan gotong royong tentunya perlu didukung dengan adanya sebuah rasa solidaritas dari seluruh masyarakat. 

Solidaritas yang muncul dalam setiap kelompok masyarakat disebabkan adanya beberapa persamaan, seperti persamaan kebutuhan, keturunan, dan tempat tinggal.

Hubungan antar individu atau antar kelompok harus ada kesadaran yang mendalam berdasarkan perasaan akan menimbulkan sebuah rasa solidaritas dalam bermasyarakat.

Sikap gotong royong yang dilakukan masyarakat dalam kehidupannya memiliki peranan dan manfaat yang sangat penting, karena adanya gotong royong, segala permasalahan dan pekerjaan yang rumit akan dapat terselesaikan. (Indra Gunawan)

TerPopuler