Plt Kakwarcab 16 Pramuka Kota Pariaman Gelar Konsolidasi dengan Andalan pengurus Kwarcab 16 Pramuka Kota Pariaman -->

Plt Kakwarcab 16 Pramuka Kota Pariaman Gelar Konsolidasi dengan Andalan pengurus Kwarcab 16 Pramuka Kota Pariaman

Rabu, 14 Oktober 2020, 16.07.00

 

PARIAMAN --- Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Pariaman, menggelar Konsolidasi antara andalan Pramuka yang tergabung dalam Kwarcab 13 Kota Pariaman, dengan Plt. Kakwarcab Kota Pariaman, Hendri, bertempat di Kantor Kwarcab 16 Pramuka Kota Pariaman, Lohong, Rabu sore (14/10).


Konsolidasi ini merupakan kegiatan pertama pasca pelantikan Pengurus Kwarcab 16 Pramuka Kota Pariaman masa bakti 2019-2024 di Aula Balaikota Pariaman di bulan Juli Tahun 2020 yang lalu, dimana Kakwarda 03 Pramuka Sumbar, melantik Genius Umar yang merupakan Walikota Pariaman, diangkat kembali menjadi Kepala Kwartir Cabang (Kakwarcab) 16 Pramuka Kota Pariaman.


"Berhubung Kakwarcab saat ini sedang cuti untuk mengikuti Pilkada Provinsi Sumatera Barat, dimana beliau berpasangan dengan Irjen Fakhrizal (mantan Kapolda Sumbar) sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar 2020, karena itu telah ditunjuk Wakil Ketua Bidang Abdimas dan Humas, Hendri sebagai sebagai Plt. Kakwarcab 16 Kota Pariaman," ujar Sekretaris Kwarcab 16 Kota Pariaman, Riky Falantino.


Riky juga menjelaskan bahwa pengangkatan Plt Kakwarcab ini sesuai dengan Surat Keputusan Kwarcab 16 Gerakan Pramuka Kota Pariaman Nomor 02 Tahun 2020, tentang penunjukan ini, dan ditanda tangani oleh Kakwarcab, Genius Umar tertanggal 22 September 2020 yang lalu.


"Konsolidasi ini juga merupakan sarana pertemuan penyampaian kemajuan dan laporan perkembangan program kerja serta untuk menyusun usulan rencana kerja. Sesuai ketentuan dan mekanisme yang diatur Gerakan Pramuka, dan juga rencana kegiatan pramuka untuk Tahun 2020 ini, serta pengadaan  Rapat Kerja (Raker) yang akan kita agendakan dalam waktu dekat," tukasnya.


Sementara itu Plt. Ketua Kwarcab 16 Pramuka Kota Pariaman, Hendri menyampaikan, dalam upaya melaksanakan amanah organisasi, agenda ini dibuat sebagai media konsolidasi perkembangan pendidikan kepramukaan yang ada di Kota Pariaman.


"Hal ini sebagai bentuk untuk mewujudkan tugas pokok Gerakan Pramuka yang diatur dalam UU RI Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, yaitu membentuk dan melahirkan watak, kepribadian dan pekerti yang andal serta kecakapan hidup (life skill) bagi anggota Pramuka untuk menyongsong masa depan yang lebih baik," ungkapnya.


“Melalui konsolidasi ini, kita harapkan mampu menghasilkan kesepakatan, rumusan dan kebijakan yang bisa membawa Pramuka Kota Pariaman ke arah yang lebih baik ke depan. Selain itu kondolisasi organisasi pada semua fungsi yang ada, dimana konsep kita adalah untuk membentuk dan mengupayakan terbentuknya kwartir ranting di 4 Kecamatan yang ada di Kota Pariaman,” Jelas Hendri yang juga Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman ini.


Dia berharap melalui konsolidasi kali ini, kita dapat menghasilkan program-program kepramukaan yang mendorong perkembangan dan kemandirian gerakan pramuka untuk mempercepat keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda yang lebih baik, serta sebagai calon pemimpin bangsa yang lebih handal di masa yang akan datang, ucapnya lebih lanjut.


Hendri juga menjelaskan bahwa Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan non formal yang turut berperan dalam pendidikan kaum muda Indonesia dan tantangan utama yang dihadapi adalah bagaimana menempatkan pramuka sebagai bagian penting dalam lingkungan strategis Pendidikan Indonesia serta memposisikan kegiatan pramuka sebagai centre of excellence bagi kaum muda, ulasnya mengakhiri. ( KL)

TerPopuler