Lagi Disdukcapil Padang Pariaman Terima Tamu, Kali Ini Dari Kabupaten Sijunjung -->

Lagi Disdukcapil Padang Pariaman Terima Tamu, Kali Ini Dari Kabupaten Sijunjung

Kamis, 04 Februari 2021, 18.44.00

 

Rombongan Walinagari dari Kabupaten Sijunjung Kunjungi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Padang Pariaman, Kamis 4 Februari 2021. Fhoto : Humas

PARIAMAN---Layanan online Dukcapil Ceria Mobile yang dikembangkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman terus mendapat respon baik dari berbagai instansi dari luar daerah. 


Oleh karenanya, berbagai kunjungan guna mendalami proses pelayanan yang dipandang memberikan kemudahan kepada masyarakat ini, terus berdatangan ke Dinas Dukcapil Padang Pariaman. 


Diantaranya yang berkunjung pada Kamis, 4 Februari 2021 lalu adalah para walinagari dari Kabupaten Sijunjung yang didampingi oleh Kadisdukcapil, Ferry Anshori.


Kunjungan yang terdiri dari 14 walinagari ini bermaksud ingin mendalami proses pelayanan administrasi kependudukan di Padang Pariaman yang dilakukan secara online cukup dari nagari. Perwakilan Walinagari menyampaikan keinginannya untuk segera menerapkan di Kabupaten Sijunjung dengan bimbingan Disdukcapil. 


Hal ini tidak terlepas dari kemudahan-kemudahan yang dirasakan oleh masyarakat. Kepala Dinas Dukcapil Ferry Anshori menyampaikan bahwa di Kabupaten Sijunjung akan diterapkan pelayanan online, tetapi masih mengalami berbagai kendala diantaranya jaringan internet, SDM nagari dan kesiapan dinas Dukcapil sendiri.


“Oleh karena itu, kami ingin mempelajari strategi yang diterapkan oleh Dukcapil Padang Pariaman dalam menerapkannya,” jelas Ferry.


Sementara itu Kepala Dinas Dukcapil Padang Pariaman Muhammad Fadhly menjelaskan bahwa penerapan inovasi harus dimulai terlebih dahulu dengan komitmen yang tinggi bersama tim kerja, dalam hal ini Disdukcapil. 


Selanjutnya melakukan kolaborasi dengan mempertimbangkan kesiapan. “Tidak harus sempurna, tetapi mulai saja dulu dengan langkah pertama. Mulai dari 1 atau 2 nagari, jadikan piloting dan sebagainya”, jelas Muhammad Fadhly. 


Menurut Fadhly, kegagalan menjalankan sebuah program baru karena tidak pernah diawali dengan serius. 


Oleh sebab itu, menurutnya kematangan meluncurkan sebuah inovasi sangat perlu. Karena itu juga, pihaknya selalu meluncurkan inovasi setelah melakukannya beberapa kali dengan trial dan eror.


Pada kesempatan tersebut, Plt Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Fauzi Al Azhar juga memberikan penjelasan kepada peserta studi banding tentang proses pembangunan layanan online sejak pertama kali diterapkan serta teknis aplikasi Dukcapil Ceria Mobile yang digunakan oleh masyarakat dan pemerintah nagari dalam berlayanan online.


Sebagaimana diketahui, salah satu program berbasis E-Service di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman adalah Aplikasi Dukcapil Ceria Mobile, yang memungkinkan masyarakat untuk mengurus segala bentuk dokumen kependudukan cukup dari smartphone tanpa harus datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman, yang didukung oleh Operator Back Office Team bekerja dari rumah secara maksimal dengan kinerja yang terukur dan dipantau setiap harinya oleh Tim Control. 


CERIA adalah motto pelayanan Dinas Dukcapil Padang Pariaman yaitu Cepat, Efisien, Responsif, Inovatif dan Akuntabel. Aplikasi ini dilaksanakan dengan semangat CERIA. 


Saat ini, semua nagari (desa) sebanyak 103 telah menggunakan layanan ini untuk pengajuan semua dokumen kependudukan dan pencatatan sipil dengan jumlah user pada tahun 2020 sebanyak 49.000 keluarga dan total permohonan sebanyak 86.699 dengan rata-rata permohonan perhari 500 user. 


Layanan ini telah mampu membantu masyarakat untuk berlayanan cukup sampai di nagari (desa) saja, tanpa harus ke Dinas Dukcapil. 


Layanan Online ini juga telah berhasil menyederhanakan birokrasi, mengurangi beban biaya masyarakat dan beban kehilangan waktu bekerja bagi masyarakat di nagari/desa. Saat ini, di awal tahun 2021, pengguna aplikasi telah mencapai 51.000 lebih dengan tren layanan online yang terus meningkat. 


Hal ini didukung oleh kesiapan Dinas Dukcapil yang didukung oleh beberapa tim diantaranya : Back Office Tim WFH, Tim Pengaduan, Tim Kreatif, Tim Monitoring/Evaluasi dan Tim Pengembangan Aplikasi. ( Rel)

TerPopuler