Padang Pariaman Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM Dari Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia

 

Fhoto Bersama Dengan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Usai Menerima Penghargaan. Fhoto : Humas

PADANG PARIAMAN- Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman meraih penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). 


Penghargaan tersebut ditandatangani Yasonna H. Laoly hari ini, Senin, 7 Desember 2020 melalui Surat Keputusan No : M.HH-05.HA.04.03 Tahun 2020 tentang Penetapan Kabupaten/Kota Peduli HAM.


Penyerahan Piagam dilakukan di Auditorium Gubernur Sumatra Barat  oleh Menkumham yang diwakili oleh Kanwil Kumham Sumatra Barat  R. Andika Dwi Prasetya,Bc.IP, S.Pd  juga disaksikan oleh Gubernur Sumatra Barat Irwan Paryitno dan Forkopimda Provinsi Sumatra Barat.

Dalam sambutannya Andika menyampaikan Penghargaan ini biasanya diserahkan pada peringatan Hari HAM sedunia setiap tahunnya yakni tanggal 10 Desember 2020, namun karena pendemi covid acara penyerahan diserahkan per Provinsi masing2.


“Penghargaan diberikan kepada kabupaten/kota yang dianggap peduli dan berkomitmen dalam penegakan HAM melalui penilaian terhadap capaian implementasi HAM pada masing-masing kabupaten/kota berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 34 Tahun 2016 tentang Kriteria Daerah Kabupaten/Kota Peduli HAM,” terangnya 


Ia juga menambahkan Ada 7 indikator kriteria penilaian suatu daerah ditetapkan sebagai daerah peduli HAM, yakni, pemenuhan terhadap hak atas kesehatan, pendidikan, perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, perumanahan yang layak dan lingkungan yang berkelanjutan.


Bupati Ali Mukhni mengaku bangga atas penghargaan yang telah diraih Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dengan kategori Peduli HAM. Ia berharap momentum ini bisa menjadi pemicu dan semangat bagi kinerja Pemkab Padang Pariaman untuk terus memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya dalam memberikan jaminan HAM.


“ Atas nama Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, kita sangat mengapresiasi atas diraihnya penghargaan kategori Peduli HAM ini. Tentu melalui momentum ini kami berharap agar terus bisa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, terutama dalam memberikan jaminan Hak Asasi Manusia (HAM),” ungkap Bupati seribu inovasi ini


Sekretaris Daerah  Jonpriadi mengucapkan  terima kasih atas dukungan dari semua OPD terkait. Penghargaan ini tak terlepas dari dukungan sejumlah pihak atas koordinasi dan kerja samanya dalam pelaksanaan program pelayanan publik yang memenuhi indikator dan parameter pelaksanaan HAM di Padang Pariaman.


“Kami mengucapkan terimakasih atas dukungan OPD terkait karena berkat kerjasama selama ini Kabupaten padang Pariaman dapat meraih penghargaan sebagai sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM), dan tentunya ini akan menambah goresan prestasi pada Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman,”ungkapnya


Kabag hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Padang Pariaman Rifki Monrizal menyampaikan, masih ada beberapa hal yang menjadi catatan bersama dalam penguatan HAM di segala bidang. 


Karenanya, pihaknya berkomitmen untuk terus memperkuat tegaknya HAM melalui program dan kebijakan Pemerintahan Kabupaten Padang Pariaman.


Untuk itu, perlunya komitmen bersama dalam mengawal tegaknya hak asasi manusia di Kabupaten Padang Pariaman. 

Melalui penguatan program dan kebijakan untuk memberi jaminan dan perlindungan hukum dan HAM kepada masyarakat. (***/rhpp)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.