Replika Inovasi Layanan Nagita, Menginspirasi Dukcapil Kabupaten Serdang Bedagai Sumut


Tim Dukcapil Padang Pariaman Saat Berada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara

Keberhasilan penerapan layanan administrasi kependudukan secara online yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman telah menginspirasi daerah lain. 


Salah satu daerah yang tertarik untuk melakukan replikasi inovasi adalah Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara. 


Kabupaten Sergai terdiri dari 17 Kecamatan, 237 desa dan enam kelurahan didiami penduduk sebanyak 656.419 jiwa. 


Dengan jumlah penduduk yang besar Sergai memiliki potensi yang besar dalam penerapan layanan adminduk secara online.  


Pelayanan adminduk online melalui kebijakan Nagari Go Digital yang diterapkan oleh Disdukcapil Padang Pariaman sejak Oktober 2019 telah membawa perubahan besar. 


Merubah model pelayanan publik administrasi kependudukan dari tatap muka menjadi pelayanan daring (dalam jaringan) tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. 


Layanan tatap muka hanya 15 persen saja, work from home (bekerja dari rumah) telah diterapkan dan berhasil meningkatkan kinerja 300 persen dari biasanya.


Dengan perkembangan tersebut, menginspirasi Kepala Disdukcapil Kabupaten Sergai Fitriadi, S.Sos, M.Si. Dia melakukan koordinasi dengan  Kepala Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman M. Fadhly. S, AP, MM untuk melakukan replikasi inovasi. 


Fitriadi, S.Sos, M.Si merupakan senior dari M. Fadhly. S, AP, MM di kampus Jatinangor (IPDN) sehingga melancarkan proses komunikasi tersebut. 


Sebagai tindaklanjut dari proses tersebut, Kepala Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman M. Fadhly. S, AP, MM menugaskan Kasi Pendataan Penduduk Fauzi Al Azhar, SAP, MAP, Kasi SIAK Suhatman, S.Kom, MAP, Administrator Database (ADB) Zulhari, A.Md, dan Gino Maitulesi, Staf Operator Pelayanan untuk melakukan pendampingan ke Disdukcapil Sergai.


Tim Disdukcapil Padang Pariaman ditugaskan untuk melakukan pendampingan replikasi aplikasi pada 23 - 26 Maret 2021. 


Tim Dukcapil Ceria melakukan proses instalasi aplikasi layanan administrasi kependudukan online pada 24 Maret 2021. Dalam pelaksanaan instalasi aplikasi, tim Dukcapil Ceria dengan difasilitasi oleh Disdukcapil Sergai melakukan koordinasi dengan Dinas Kominfo Sergai. 


Dinas Kominfo Sergai memberikan apresiasi yang tinggi atas replikasi aplikasi layanan adminduk online yang diinisiasi oleh Disdukcapil Sergai. 


Aplikasi ini dikembangkan dalam bentuk layanan berbasis web dan berbasis android. 


Selanjutnya tim Dukcapil Ceria melakukan fasilitasi teknis penerapan layanan kepada seluruh pegawai Disdukcapil Sergai. 


Kegiatan ini diikuti mulai Kadis, Sekretaris, Kepala Bidang, Kepala Seksi dan operator pelayanan. Penerapan aplikasi layanan online ini mendapat sambutan hangat dari internal Disdukcapil Sergai. 


Mika Hermina Sihombing, SE, Kasi Pindah Datang Disdukcapil Sergai menyatakan “penggunaan aplikasi layanan online merupakan sebuah terobosan bagi kami di disdukcapil, yaitu mengurangi tatap muka dengan masyarakat pada masa pandemi. 


Mulai minggu depan, aplikasi layanan online yang berbasis web sudah bisa diakses oleh masyarakat di Kabupaten Sergai. Layanan ini bisa diakses melalui alamat url baksouratducakpil.serdangbedagaikab.go.id. 


Sedangkan aplikasi berbasis android bisa diunduh melalui playstore pada pertengah April 2021. 

Dengan penerapan layanan online ini, titik kumpul penduduk dalam pelayanan tatap muka bisa diurai. 


Hal yang selama ini menjadi salah satu kendala dalam pelayanan adminduk di Sergai selama masa pandemi. 


Kepala Disdukcapil Sergai Fitriadi dalam pernyataannya akan melakukan launching layanan ini bersama Bupati Sergai pada awal April 2021. 


Fauzi Al Azhar

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.