Walikota Pariaman Genius Umar Hadiri Penandatanganan Komitmen Mall Pelayanan Publik di Kemenpan RB

Walikota Pariaman Genius Umar Usai Menandatangani Komitmen MPP


JAKARTA--Sebanyak 38 Bupati/Walikota se Indonesia malakukan penandatanganan Komitmen Penyelanggaraan Mall Pelayanan Publik  (MPP) Tahun 2021 bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo di Jakarta, Selasa (2/3/2020). 


Penandatanganan tersebut dihadiri oleh Walikota Pariaman, Genius Umar didampingi Sekretaris Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Anilta.


Menteri PANRB RI Tjahjo Kumolo dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan di undang-undangkannya UU Cipta Kerja melalui Omnibuslaw.


Penjabaran reformasi birokrasi paling utama adalah pelayanan kepada masyarakat baik kementerian, instansi maupun pemerintah daerah serta mempercepat proses perizinan investasi. 


Dengan kedua hal ini pertumbuhan ekonomi didaerah juga harus dipacu agar cepat dan meningkat.


“Tujuan penandatanganan komitmen ini adalah wujud keseriusan kepala daerah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui MPP,” ungkapnya.


Pembentukan MPP tentu memerlukan komitmen yang kuat dari kepala daerah sebagai kunci utama keberhasilan dan dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat secara berkelanjutan.


“Kita belum mencapai 100 dari 514 kabupaten/kota yang ada, bagaimana kita satu atap disetiap kabupaten/kota untuk memberikan pelayanan yang terbaik dengan mempercepat dalam memperpanjang KTP, akte kelahiran, akte kematian dan akte pindah dengan hitungan per menit,” ulasnya.


Menteri PANRB lebih lanjut menyebutkan dengan reformasi digitalisasi dalam mengurus dan memperpanjang yang berkaitan dengan pasport semakin cepat yang dilakukan Kementerian Hukum dan HAM. 


Hal yang sama juga dilakukan kepolisian dalam mengurus SKCK dan memperpanjang SIM.


“Ini lah sebuah bagian-bagian dalam proses percepatan maka fokus utama adalah pelayanan terhadap masyarakat,” tambahnya.


“Saya mengingatkan, siapun presiden, gubernur maupun bupati/walikota pasti punya impian. Pada prinsipnya reformasi birokrasi adalah bagian dari percepatan perizinan dan percepatan melayani masyarakat. Saya yakin Kepala Daerah juga mempunyai impian bagaimana mempercepat pelayanan terhadap masyarakat,” sambungnya.


Dijelaskannya, secara utuh pihaknya membangun komitmen lewat Kepala Daerah semua untuk mempercepat proses pelayanan publik.


Diharapkan aparatur pemerintah juga memberikan pelayanan yang terbaik. Diminta instansi untuk meniru Kementerian Hukum dan HAM melalui reformasi digital dan dengan semakun membangun jaringan terkoneksi dan terintegrasi itu akan  cepat berjalan dengan baik.


Sementara itu, Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan dengan di tandatangani MoU ini menunjukan komitmen yang kuat dari Kota Pariaman untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.


PTSP Kota Pariaman memberikan pelayanan 135 jenis perizinan, dari 135 ini yang paling sering diurus oleh masyarakat adalah Izin Mendirikan Bangunan (IMB).


Pengurusan baru atau perpanjangan Nomor Induk Berusaha (NIB), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK).


Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) dan lain-lainnya. Semua perizinan ini menggunakan apliaksi SiCantik dari Kementerian Kominfo dan Aplikasi OSS dari Kemendagri.


“Semua pengurusan perizinan ini gratis, kecuali IMB,  karena susuai perda dipungut pengurusan izinnya. Untuk pelayanan ketangakerjaan ada beberapa layanan diantara pelayanan pengurusan kartu kuning atau kartu pencari kerja, BKOL dan lainnya,” tambahnya mengakhiri. 


(rika/Harsy)


Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.