Kunjungi Pariaman Kepala BNPB Doni Monardo Minta Merawat Pohon Pinago Untuk Tangkal Abrasi dan Tsunami

Kepala BNPB Letjen Doni Monardo didampingi Gubernur Mahyeldi Saat Memberikan Arahan Terkait Pentingnya Pohon Tanaman Pelindung Untuk Penangkal Abrasi dan Tsunami. Fhoto : Harsy Warsilah


Pewarta : Harsy Warsilah


PARIAMAN---Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB ) Pusat Letnan Jenderal TNI Doni Monardo, Rabu (14/04/2021) mengunjungi Pantai Kata Desa Taluk Kota Pariaman.


Kedatangan Kepala BNPB Pusat didampingi Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansyarullah, dalam rangka kunjungan kerja untuk meninjau perkembangan penghijauan penanaman Pohon Pinago di pinggir pantai Kota Pariaman.


Kunjungan Kepala BNPB tersebut disambut langsung Walikota Pariaman Genius Umar, Wakil Walikota Mardison Mahyuddin serta Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kota Pariaman.


Penghijauan ini sebagai bentuk realisasi program vegetasi di pantai Kota Pariaman, Sumatera Barat sebagai langkah mitigasi bencana tsunami di daerah itu, dan juga untuk mencegah terjadinya abrasi.


"Saya melihat kesungguhan Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman, untuk melestarikan dan merawat tanaman yang ditanam, karena setelah ditanam oleh Bapak Wakil Presiden (Wapres) dan pejabat yang hadir, semua tanaman tersebut tumbuh dengan baik, dan kami mengapresiasi atas usaha dari pak wali dan Pemko Pariaman untuk mewujudkan hal tersebut," ujar Doni Monardo.


Doni juga mengatakan, bahwa pohon yang ditanam di kawasan Ma'ruf Amin ini menunjukkan perkembangan yang baik dan berpotensi untuk tumbuh. 


"Saya lihat, setelah satu minggu lebih pohon ini ditanam, daunnya masih ada, maka hal ini menunjukkan pohon tersebut berpeluang untuk hidup lebih dari 80 sampai 90 persen," ucap Jenderal Bintang Tiga ini.


Selain itu, Doni Monardo juga menuturkan bahwa Sumatera Barat, mempunyai potensi yang tinggi untuk terjadinya bencana.


" Seluruh kawasan sepanjang pantai Sumatera, hendaknya dapat mengantisipasinya dengan program vegetasi tanaman, sebagai langkah untuk mitigasi bencana apabila benar-benar terjadi," ulasnya.


Dirinya juga melihat langsung daerah yang ditanam pohon, beberapa diantaranya dilindungi dengan pagar agar tidak mudah rusak, baik karena angin maupun hewan ternak. 


Bahkan pohon yang ditanam oleh Wapres Ma'ruf Amin dipagar dengan tembok dan besi, dan ia mnegucapkan terimaksih untuk itu.


Penanaman Pohon Pinago Oleh Kepala BNPB Doni Monardo. Fhoto : Harsy Warsilah


Sementara itu Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan,  kedatangan tamu Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BPBD ) Letnan Jenderal TNI Doni Monardo tujuanya adalah untuk melihat, mencek sejauh mana hasil penanaman pohon yang dilakukan oleh Wapres seminggu yang lalu. 


" Jadi kita tidak hanya menanam pohon tetapi bisa dilihatnya beberapa pohon itu tumbuh," ulas Walikota


Seminggu setelah kunjungan tanaman tetap terawat ini apresiasi oleh pemerintah pusat. Diharapkan  masyarakat bisa menjaga tanaman ini, tanaman ini. 


" Kerena tanaman ini berguna untuk memperkuat vegetasi dari pantai nantinya berguna untuk menahan abrasi dan jika sewaktu-waktu terjadi tsunami di Kota Pariaman ada penghambat atau penahan laju ombak dari vegetasi tanaman ini, " tambah Walikota  Genius Umar. (***)



Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.