Tips Hidup Sehat di Masa Pandemi -->

Tips Hidup Sehat di Masa Pandemi

Sabtu, 26 Juni 2021, 16.47.00

 

Fhoto Ilustrasi

Oleh : Monalisa

MENJAGA  imun di tengah pandemi sangatlah penting. Tujuannya agar terhindar dari virus Covid-19 ini. Orang-orang kiranya juga perlu melakukan hal-hal lain yang bisa membantu beradaptasi dan membuat imun tubuh tetap terjaga. 


Adapun hal-hal yang dapat dilakukan agar imun tetap terjaga, yaitu :


1. Konsumsi makanan bergizi.

Mengkonsumsi makanan yang bergizi adalah salah satu hal yang penting diterapkan untuk menjaga imun. Cobalah pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks untuk memperoleh energi dan juga berserat tinggi. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks pada umumnya memiliki lebih banyak mineral dan vitamin yang sangat penting bagi tubuh. 


Sementara itu, hindari makan secara berlebihan. hal ini justru akan menyebabkan perut kembung dan ketidaknyamanan. 


2.Cukupi kebutuhan air


Mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga penting dilakukan sebagai cara menjaga daya tahan tubuh. Anda bisa minum air putih 8 gelas sehari dan jangan lupa untuk minum air putih menjelang tidur untuk memenuhi kebutuhan cairan tersebut.


3. Kurangi konsumsi gula


Kita memang disarankan untuk mengonsumsi yang manis untuk menjaga asupan gula tetapi hal ini baik jika dilakukan secara wajar. Sedangkan, mengonsumsi secara berlebihan tidaklah baik bagi tubuh. Dengan demikian, cobalah untuk mengurangi asupan gula, termasuk di bulan puasa sebagai bagian dari cara menjaga daya tahan tubuh tetap prima.


4. Konsumsi suplemen jika diperlukan

Apabila diperlukan, konsumsi suplemen yang berisi mineral dan vitamin boleh saja dilakukan. Jenis suplemen yang dipilih tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. 


5. Tetap berolahraga


Olahraga yang teratur sebaiknya tetap di jalani pada masa pandemi dengan menerapkan protokol kesehatan dan jangan malah digunakan sebagai pembenaran untuk bermalas-malasan dengan alasan pandemi. Olahraga tetap dianjurkan untuk dilakukan untuk mendukung proses metabolisme tubuh. Anda bisa melakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki selama 30 menit perhari untuk menjaga proses metabolisme tubuh.


6. Cukup tidur


Kurang tidur atau terlalu letih dapat meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit dan menurunkan sistem imunitas tubuh. Seseorang yang kurang tidur biasanya akan mudah terserang influenza atau infeksi lainnya. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk memenuhi durasi tidur normal.


7. Menghindari stres dan bersikap rileks


Selain kesehatan fisik, Anda juga perlu menjaga kesehatan mental sebagai bagian dari cara meningkatkan daya tahan tubuh. Stres bahkan bisa membawa seseorang pada gaya hidup tidak terkontrol. Jadi, saat puasa sebisa mungkin Anda bisa menikmati berbagai situasi yang terjadi sebagai bagian cara menjaga daya tahan tubuh. 


(Penulis adalah mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang)

TerPopuler