Bertemu Mentri Siti Nurbaya, Genius Umar Sampaikan Program Lingkungan Hidup Kota Pariaman -->

Bertemu Mentri Siti Nurbaya, Genius Umar Sampaikan Program Lingkungan Hidup Kota Pariaman

Jumat, 27 Agustus 2021, 21.06.00

 

Walikota Pariaman Genius Umar Bersama Mentri Siti Nurbaya

KETAPING ---- Setelah menyambut kunjungan Menteri  Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ke Kota Pariaman pada Jumat Pagi, di sore hari saya ikut menyambut kunjungan kerja Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Uni Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc, di ruang VIP Bandara Internasional Minangkabau bersama Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansyarullah dan Wagub Sumbar, Audy Joinaldi, Jumat (27/8/2021).


Genius Umar memang memanggil Ibu Menteri tersebut dengan sebutan Uni, lantaran beliau sudah sangat dekat seperti kakak kandung sendiri.


" Uni Siti Nurbaya merupakan pimpinan saya sewaktu masih bertugas di Sekretariat DPP RI, sebelum tahun 2013 yang akhirnya memutuskan pulang kampung untuk menjadi Wakil Walikota Pariaman dari Bapak Mukhlis Rahman pada periode 2013-2018.


Dalam kesempatan tersebut, Genius melaporkan berbagai program lingkungan telah dibangun di Kota Pariaman, dan yang menjadi sektor andalan kita yakni Program Pariaman Water Front City. 


Untuk pengelolaan kawasan Water Front City ini dilakukan kerjasama antar stakeholder yakni Dinas Pariwisata dan kebudayaan, Dinas Satpol PP untuk Pengamanan, Dinas Perhubungan sebagai pengawasan parkir dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk kebersihannya.


" Dan hal ini telah mampu menjadi daya tarik pengunjung untuk datang menikmati suasana alam dan air yang terkelola dan menjadi nilai keindahan, dan beberapa kawasan telah kita sulap menjadi kawasan wisata, sehingga tak ada lagi yang buah sampah ke sungai," ujar Genius.


Saat ini, ada beberapa kawasan baru yang juga kita olah untuk menjadi kawasan Water Front City, yakni pinggiran sungai Batang Piaman dan Kawasan Batang Mangor Kurai Taji.


" Ini kita lakukan untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung termasuk dengan kebersihan kawasan ini, kita juga mengajak pihak desa/kelurahan untuk ikut berpatisipasi dalam pengelolaan ini," ungak Genius kepada Siti Nurbaya.


Hal itu mendapatkan tanggapan baik dari Bu Menteri, dan sudah selayaknya saat ini kita mulai kembangkan program-program lingkungan yang mampu bernilai wisata dan berdampak ekonomi masyarakat.


" Nanti sampaikan terus perkembangannya ya, saya senang dengan program pembenahan lingkungan yang dibangun oleh daerah-daerah, kalau ada waktu nanti kita mampir ke Kota Pariaman," tutup Siti Nurbaya mengakhiri pembicaraannya.(R/Harsy)

TerPopuler