Bunda PAUD Yusrita Suhatri Bur Dukung Diskan Terus Sosialisasikan Gemarikan Untuk Kurangi Stunting

 

Bunda PAUD Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur Saat Memberikan Arahan

LUBUK ALUNG - Dinas Perikanan menggelar acara Gerakan Memasyaratkan Makan Ikan (Gemarikan). Program itu sebagai upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan Daerah yang dinilai bermanfaat antara lain guna mengurangi stunting di TKIT Amanah Ummi, Kamis, (26/08/2021).


"Sasaran kita 60 orang yang terdiri Siswa TKIT Amanah Ummi, target penanganan stunting yaitu anak balita dan masyarakat rawan gizi lainnya," kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Padang Pariaman Zainil dalam acara sosialisasi tersebut di Lubuk Alung.


Ia memaparkan kegiatan yang bermitra dengan Bunda PAUD Padang Pariaman Ny. Yusrita Suhatri Bur yaitu berupa program edukasi dan pembuatan paket olahan ikan beserta teknik Pembuatannya skala Rumah Tangga.


Bunda PAUD Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur sebagai Motivator dalam acara tersebut mengungkapkan ikan menjadi salah satu sumber asupan pangan kaya protein dan Omega 3. Untuk itu, konsumsi ikan sangat relevan untuk mendukung program prioritas penanganan stunting.


Bunda PAUD Yusrita Suhatri Bur Memberikan Edukasi Kepada Anak-Anak TK di Lubuk Alung


"Gemarikan di daerah menjadi langkah pemerintah untuk mengedukasi sekaligus meningkatkan Angka Konsumsi Ikan (AKI) daerah," ular


Terkait angka konsumsi ikan, Rencana Strategis Dinas Perikanan, telah menetapkan target konsumsi ikan masyarakat Padang Pariaman pada tahun 2021 mencapai 35,25 kg/kapita.


Sekretaris Dinas Perikanan Anton Wira Tanjung mengatakan Menurut Data KKP,  Kabupaten Padang Pariaman termasuk Kabupaten dengan angka prevalensi stunting yang cukup tinggi. "Hal ini menyebabkan lima kabupaten/kota menjadi lokasi fokus intervensi penurunan stunting terintegrasi pada tahun 2021 yaitu Pasaman, Pasaman Barat, Kabupaten Solok, Kabupaten 50 Kota, Pesisir Selatan, Sijunjung, Padang Pariaman, Kabupaten Agam dan Kota Padang," terangnya.


Eva Fatimah Kepala Bidang Bina Usaha, kelembagaan dan Pengolahan Ikan menyebut program Gemarikan Diskan ini tak hanya bermanfaat bagi peserta didik melainkan juga membantu orang tua siswa untuk membuat variasi makanan berbahan Ikan untuk meningkatkan Minat makan ikan di kabupaten Padang Pariaman serta membuka peluang bagi pelaku usaha dan tumbuh kembang UMKM di Padang Pariaman. (R/Wis)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.