Rakor TP2DD Se-Sumbar, Bupati Suhatri Bur Beberkan Kerjasama Percepatan Digitalisasi Sistem Pembayaran

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur Menyampaikan Digitalisasi Sistem Pembayaran di Aula Anggun Nan Tongga Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Barat di Padang, Senin 30 Agustus 202


PADANG----Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, SE., M.M. mengikuti rapat Koordinasi Program Kerja TP2DD Se-Sumatera Barat Semester II Tahun 2021 di Aula Anggun Nan Tongga Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Barat di Padang, Senin (30/8)


Rapat Koordinasi Program Kerja TP2DD Se-Sumatera Barat ini dipimpin langsung oleh Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi, SP selaku Ketua Tim Satgas TP2DD Sumatera Barat.


Rapat Kerja TP2DD ini dalam rangka Evaluasi perkembangan implementasi elektronifikasi transaksi Pemerintah Daerah di masing-masing Pemda serta Kick Off Penyusunan Roadmap ETPD Sumatera Barat Tahun 2021-2025.


" Rapat TP2DD kali ini adalah dalam rangka percepatan digitalisasi sistem pembayaran di Sumatera Barat. Dengan adanya Tim Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah ini diharapkan dapat memberikan kemudahan-kemudahan dalam sistem pembayaran kepada masyarakat dan dengan dibentuknya satgas, Pemerintah dapat melakukan percepatan dalam pelaksanaannya,"ungkapnya.


Bupati Suhatri Bur Menerima Penghargaan Dari Gubernur Mahyeldi


Gubernur mengapresiasi dukungan penuh dari seluruh Kabupaten Kota yang mempunyai semangat sama untuk percepatan digitalisasi sistem pembayaran di Sumatera Barat.


Pada Rapat Koordinasi Program Kerja TP2DS Se-Sumatera Barat Semester II Tahun 2021 ini, Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur selaku Ketua Satgas TP2DD Padang Pariaman menyampaikan telah melakukan tindakan cepat dengan menggandeng Bank Nagari dalam usaha percepatan Digitalisasi Daerah di Kabupaten Padang Pariaman.


"Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman telah menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Bank Nagari dan tindak lanjut dari MoU pengembangan digitalusasi ekonomi daerah di Kabupaten Padang Pariaman tersebut,  ada  beberapa perjanjian kerjasama dengan Bank Nagari yang telah ditandatangani, Antara lain Perjanjian Kerjasama tentang pelayanan perbankan dan pelaksanaan penatausahaan pengelolaan keuangan daerah secara non tunai dengan OPD pengampu BPKD Padang Pariaman,"terangnya


Ia juga menambahkan Perjanjian Kerjasama kedua Tentang SP2D Online dengan OPD pengampu masih BPKD, Perjanjian Kerjasama tentang Monitoring Online Penerimaan Pembiayaan Pajak Daerah dengan OPD pengampu BPKD, Perjanjian Kerjasama Keempat tentang E- KIR dan E- PARKIR dengan OPD pengampu Dinas Perhubungan, dan terakhir Perjanjian Kerjasama Tentang Layanan Penerimaan Pembayaran Pajak Daerah Kabupaten Padang Pariaman dengan OPD Pengampu BPKD, Ujar Suhatri Bur


"Selain dengan Bank Nagari, Dalam mendukung digitalisasi ekonomi daerah, Pemerintah Padang Pariaman juga bekerjasama dengan PT POS Indonesia dalam membuka chanel pembayaran online pajak bumi dan bangunan PT POS akan menyetorkan penerimaan PBB pada h+1 ke Bank Nagari sebagai Kasda Padang Pariaman,"tambahnya


Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Wahyu Purnama A, menyampaikan  aplikasi dari Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2021 di Sumatera Barat sangat baik, dimana Pemerintah Daerah di Sumatera Barat sudah membentuk SatgasTP2DD 100,%, dan dari 20 Pemerintah Daerah di Sumatera Barat dengan posisi 1 Pemda sudah kategori Digital, 15 Pemda posisi maju dan 4 daerah pada posisi berkembang.


"Perlu Kerja keras dan inovatif sistem pembayaran digital dalam upaya Meningkatkan sistem pembayaran digital (non tunai) sebagai salah satu alat utama pembayaran di Indonesia, diharapkan pada tahun 2025 semua retribusi dan semua pajak sudah bisa menggunakan sistem pembayaran digital,"ujar wahyu.


Pada Rapat Koordinasi Program Kerja TP2DS Se-Sumatera Barat ini, Kabupaten Padang Pariaman  mendapat Penghargaan dari Bank Indonesia karena masuk Top 5 TP2DD di Sumatera Barat dengan peringkat 2 besar dalam perkembangan sistem pembayaran elektronifikasi di daerah Kabupaten/Kota Se-Sumatera Barat pada Triwulan II tahun 2021 yang diserahkan langsung Gubernur Sumatera Barat kepada Bupati, Suhatri Bur.


Dalam Rapat Koordinasi TP2DD Se-Sumatera Barat tersebut, Bupati Padang Pariaman didampingi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah, Taslim Letter, SE. Ak, Kabag Perekonomian Setda Mulyadi, SE., MM dan Plt. Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Riki Zakaria., SH., MH. ( R/Wis)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.