Terkait Program Pendidikan, 11 Orang Siswa SMAN 1 Padang Panjang Temui Wali Kota Pariaman

 

Walikota Genius Umar Menerima Siswa SMA Negeri 1 Padang Panjang

PARIAMAN–--11 (Sebelas) orang siswa-siswi dari SMA 1 Negeri Padang Panjang, datang berkunjung ke Kota Pariaman untuk menemui Wali Kota Pariaman Genius Umar. Kedatangan mereka disambut baik oleh Genius Umar di ruang kerjanya.


Kedatangan mereka bertujuan untuk melaksanakan tugas Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), yang terdapat dalam Bab I tentang harmonisasi Hak Azazi Manusia (HAM) dalam Pancasila, dalam bentuk wawancara kepada Genius Umar.


“Indonesia sebagai negara hukum yang menjunjung tinggi hak asasi manusia memiliki kewajiban untuk memberikan kesempatan kepada warga negaranya untuk memperoleh pendidikan, sebagaimana tercantum dalam UUD 1945, Oleh karena itu, sudah sepantasnyalah kami sebagai pemerintah Kota Pariaman menyediakan fasilitas dan memberikan kesempatan kepada seluruh anak-anak Kota Pariaman tanpa terkecuali, untuk memperoleh pendidikan sebagai wujud dari penegakan Hak Asasi Manusia”, sebut Genius Umar saat menjawab pertanyaan dari para siswa-siswi tersebut terkait pendidikan di Kota Pariaman.


“Semua anak-anak Kota Pariaman harus bisa mengecap pendidikan sampai ke Perguruan tinggi (PT), begitu juga dengan anak-anak dari keluarga tidak mampu. Di Kota Pariaman seluruh biaya pendidikan dari tingkat SD, SLTP, dan SLTA, gratis tidak dipungut bayaran, semua difasilitasi oleh pemerintah kota pariaman,” ungkapnya.


Beliau menjelaskan, untuk anak-anak dari keluarga kurang mampu mereka juga bisa melanjutkan pendidikan mereka ke PT, melalui program Saga Saja (satu keluarga satu sarjana) yang digagas oleh pemerintah kota pariaman yang bekerjasama dengan PT yang ada di Sumatera Barat dan Luar Sumatera Barat.


“Alhamdulillah dengan cara begitu mereka bisa kuliah, dan setelah tamat nanti juga ada beberapa perusahaan yang bisa menampung mereka bekerja, sehingga mereka bisa membantu meningkatkan ekonomi dan menaikan derajat keluarga mereka. Dengan cara begitu, hak-hak mereka untuk mengecap pendidikan terpenuhi, dan tidak ada lagi anak-anak Kota Pariaman yang tidak bisa sekolah dan kuliah,” tegas Genius Umar.


“Saya sangat mengapresiasi sekali keberanian dari ananda semua yang mau datang ke Kota Pariaman, hanya untuk melaksanakan tugas sekolah Ananda semua. Keberanian dalam bersikap ini perlu dipupuk sampai nanti sehingga keberanian itulah yang akan membawa Ananda semua kepada keberhasilan," ulasnya.


Sementara itu Farah Kemala Yudha mewakili teman-temannya mengatakan sangat berterimakasih sekali dengan sambutan dan penjelasan yang telah diberikan oleh Bapak Walikota Pariaman kepada mereka.


“Kami sangat bangga sekali bisa berbicara dengan Bapak Genius Umar dan juga dengan program pendidikannya, dan kami berharap kedepannya kota pariaman tetap maju dengan program-program pendidikannya dan program lainnya, sehingga lebih bisa dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia, dan bisa membantu perkembangan pendidikan Indonesia kedepannya,”tutur Farah. (R/Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.