Pinjaman " Marandang " Bank Nagari Pariaman Diserahkan Kepada Debitur KUR Super Mikro

Walikota Pariaman Menyerahkan Pinjaman Marandang dari Bank Nagari Kepada Debitur KUR Super Mikro. Fhoto : Mas Juned


PARIAMAN --- Wali Kota Pariaman, Genius Umar menyerahkan Pinjaman Marandang (Melawan Rentenir Daerah Minang) dari Bank Nagari kepada debitur KUR Super Mikro asal Kota Pariaman, bertempat di rumah dinas walikota, Kelurahan Kampung Jawa II, Kecamatan Pariaman Tengah, Kamis (09/09/2021).


Penyerahan simbolis ini didampingi oleh Pemimpin Divisi Pemasaran Bank Nagari, Hardi Putra dan Ibnu Supriadi selaku Pimpinan Cabang Bank Nagari Pariaman


Pinjaman Marandang merupakan kredit Pembiayaan kepada usaha mikro dengan proses mudah (tanpa agunan tambahan), murah (berbiaya rendah) dan cepat, sebagai salah satu solusi membantu dan mendorong kebangkitan usaha mikro dalam rangka recovery ekonomi di tengah pandemi Covid-19 serta mengatasi dan melawan rentenir di Provinsi Sumatear Barat.


Sasaran kredit ini adalah pelaku usaha mikro perorangan atau kelompok diutamakan yang sedang terjerat rentenir untuk semua sektor ekonomi yang tidak melanggar atau bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Genius Umar menuturkan bahwa keberadaan rentenir memang telah menjadi alternatif bagi masyarakat yang membutuhkan modal mendesak yang serba praktis, mudah, dan cepat, tapi mempunyai resiko yang ditanggung oleh masyarakat.


"Keberadaan rentenir sangat membantu dan dibutuhkan oleh sebagian masyarakat, namun di sisi yang lain, rentenir sangat berbahaya dengan bunga yang sangat memberatkan dan mencekik leher peminjam, dan hal ini terus menerus menjadi dilema di tengah kehidupan masyarakat," ujarnya.


Dia berharap program itu dapat menjadi salah satu alternatif solusi yang jitu bagi masyarakat, untuk membantu mendorong kebangkitan khususnya usaha mikro yang sangat dibutuhkan di tengah perekonomian yang sulit di masa pandemi ini.


“Dengan adanya KUR Super Mikro Marandang dari Bank Nagari ini, dengan segala kemudahan-kemudahan yang diberikan, seperti tanpa agunan tambahan sehingga nasabah cukup dengan usaha yang layak dibiayai,” terangnya lebih lanjut.


Semoga dengan adanya Pinjaman Marandang yang kita serahkan saat ini, Bank Nagari dapat berkontribusi langsung dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Kota Pariaman di tengah pandemi saat ini, ulasnya mengakhiri.


Sementara itu Pimpinan Cabang Bank Nagari Pariaman, Ibnu Supriadi menjelaskan Pinjaman Marandang ini, diberikan dengan plafond maksimal sampai Rp. 10 juta rupiah.


“Kepada penerima pinjaman, ia berharap debitur bisa memanfaatkan pinjaman tersebut dengan baik untuk keberlangsungan usahanya, serta bisa mengembalikan pinjaman tersebut dengan lancar agar bisa diteruskan kepada pelaku usaha lainnya,” tukasnya.


Bagi pelaku usaha mikro yang ingin mendapatkan pinjaman Marandang, untuk dapat datang langsung ke Bank Nagari terdekat tutup Ibnu. (R/Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.