Akhir Tahun, Wali Kota Genius Umar Pimpin Rakor Evaluasi Kinerja OPD


PARIAMAN
--- Evaluasi Kinerja OPD (Organisasi Perangkat Daerah) nya, Walikota Pariaman, Genius Umar Pimpin Rakor (Rapat Koordinasi) dengan Pejabat Eselon II dan III Pemerintah Kota Pariaman, bertempat di Aula Balaikota Pariaman, Senin (27/12).


"Hari ini sengaja mengumpulkan pejabat Eselon II dan Eselon III di Pemerintahan Kota Pariaman, untuk mengevaluasi dan ingin melihat kinerja dan pemahaman pejabat yang ada di Kota Pariaman, tentang bagaimana kinerja mereka selama Tahun 2021 ini," ujarnya.


Genius mengungkapkan bahwa setiap pejabat Eselon II dan III, harus paham dengan tugas dan tanggung jawabnya, serta tahu apa yang akan dilakukanya, dengan berpedoman kepada RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kota Pariaman 2018-2023, sehingga pembangunan dan tujuan yang ingin kita capai, dapat kita wujudkan diakhir tahun 2023 nantinya.


"Panduan kinerja setiap pejabat Eselon II dan Eselon III adalah RPJMD, karena itu setiap membuat program dan sasaran, harus merujuk dari RPJMD tersebut, jadi mereka harus paham dengan hal tersebut, jangan hanya masuk kantor saja tetapi tidak paham dengan apa yang akan dikerjakan," tuturnya lebih lanjut.


Lulusan S3 IPB ini juga mengatakan bahwa kita semua selaku jajaran Pemerintah Kota Pariaman harus dapat besinergi satu dengan lainya, dalam upaya meningkatkan kinerja Pemerintah sesuai tugas, fungsi dan kewenangan kita masing-masing, ulasnya.


"Kemudian pejabat eselon III harus tahu dan kenal dengan pejabat eselon III dikementerian sehingga bisa langsung berkoordinasi dan meminta program untuk Kota Pariaman, karena kota kita tidak memiliki APBD yang banyak", ujarnya.


"Kemudian juga harus punya koneksi dengan pejabat di kementerian untuk mendapatkan dana-dana pusat ke daerah dengan menyinkronkan program Kota Pariaman dengan kementerian terkait. Dengan memahami tupoksi ini maka kerja kita akan cepat dan efektifi," tukasnya.


Genius juga ingin memastikan seluruh kegiatan yang telah dianggarkan pada DPA masing-masing OPD, dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan dan selesai dengan tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran, selesai sampai akhir Tahun Anggaran 2021 ini.


"Semoga dengan evaluasi yang kita lakukan hari ini, menjadi pembelajaran dan pemahaman bagi para pejabat Eselon II dan III yang ada di Kota Pariaman, agar mereka dapat bekerja lebih maksimal sehingga pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kota Pariaman, bisa kita wujudkan," tutupnya. (R/Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.