Bupati Suhatri Bur Hari Ini Resmi Melantik Sebanyak 28 Orang Wali Nagari Terpilih

 

Fhoto : Suidra/Prokopim

PARIT MALINTANG--- Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur,  hari ini Senin (13/12/2021) resmi  melantik sebanyak 28 orang Walinagari terpilih, di aula IKK Parit Malintang. 


Khusus untuk Wali Nagari  Sunur terpilih pelantikannya menyusul karena masa jabatan Walinagari sebelumnya baru akan berakhir pada tanggal 22 Desember 2021 mendatang.


Ke-28 Walinagari yang dilantik hari ini adalah hasil pelaksanaan pemilihan serentak yang kedua kalinya setelah Pilwana Serentak Tahun 2018 jumlah nagari yang melakukan Pilwana Serentak Tahun 2021 ini sebanyak  29 (dua puluh sembilan) Nagari yang tersebar pada 14 (empat belas) Kecamatan. 


Fhoto : Suidra/Prokopim


Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Wali Nagari yang telah dilantik dan diambil sumpahnya, pada hari ini.


" Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh elemen masyarakat terutama kepada Panitia Pemilihan Wali Nagari dan Badan Musyawarah Nagari yang telah menyukseskan pelaksanaan pemilihan Wali Nagari serentak Tahun 2021," ulasn Suhatri Bur


Bupati mengajak kepada semua pihak terutama pada Wali Nagari Terpilih beserta jajarannya untuk bekerja sungguh-sungguh, ikhlas dan rela mengabdikan dirinya demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.


" Untuk mewujudkan hal dimaksud, diminta kepada Saudara agar segera mempersiapkan dokumen perencanaan nagari sesuai jadwal yaitu RPJM Nagari paling lambat akhir Maret 2022 (tiga bulan setelah pelantikan)," pinta Bupati


Kemudian, tukuknya, terkait dengan penyusunan dokumen RPJM nagari, hal yang harus menjadi perhatian adalah, keseimbangan antara kegiatan pembangunan sumber daya manusia dan pembangunan fisik.


Fhoto : Suindra/Prokopim


Pengembangan ekonomi produktif melalui penetapan dan pengembangan produk unggulan nagari (one village one product). Pembentukan Bumnag dan pengembangan usaha bumnag untuk mendukung pengembangan produk unggulan nagari.


Selanjutnya, kegiatan produktif yang berdampak pada peningkatan pendapatan asli nagari, yang dalam jangka panjang berdampak pada kemandirian nagari dalam sektor keuangan. 


Kemudian optimalisasi semua potensi baik Sumber Daya Manusia maupun Sumber Daya Alam. Termasuk pemanfaatan potensi perantau pada masing-masing Nagari.


" Kemudian saya berpesan kepada istri Wali Nagari, sebagai pendamping Wali Nagari maka sangat menentukan keberhasilan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Wali Nagari," katanya. 


" Untuk itu kepada Saudari semua saya ingatkan bahwa, tinta emas sejarah telah mencatat bahwa dibalik keberhasilan pemimpin besar ada perempuan-perempuan tangguh yang menyokong dan menompang keberhasilan pemimpin tersebut," tambahnya.


Bupati menambahkan, mengingat  masih dalam masa pandemi Covid-19, dimana PR terbesar  saat ini adalah mengejar target Vaksinasi Covid-19. 


" Harapan saya kepada kita semua khususnya Wali Nagari yang baru dilantik yaitu bagaimana kita bersama-sama, bahu membahu dan saling mendukung untuk  mengajak masyarakat atau kelompok sasaran yang belum di vaksin agar dapat segera dilakukan vaksinasi," kata mantan Ketua KPU Padang Pariaman itu.


Karena dari data yang ada Kabupaten Padang Pariaman capaian vaksinasinya masih di kisaran 39% untuk vaksinasi dosis pertama dan 18% untuk vaksinasi dosis kedua.


Hal ini tentu menjadi tantangan dan kepentingan kita bersama karena vaksinasi saat ini adalah hal yang sangat strategis dalam mengatasi pandemi baik tingkat lokal maupun nasional.


Sementara itu Gubernur Sumbar yang diwakili Kepala Dinas Pemberdayaam Masyarakat dan Desa Amasrul memberikan Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman yang telah berinisiatif melaksanakan Pelantikan serentak Wali Nagari dan Ketua TP.PKK se-Kabupaten Padang Pariaman. 


" Pelantikan serentak seperti ini, selain menghemat Anggaran juga menghemat tenaga dan waktu," katanya.


" Hari ini saudara resmi menjadi Wali  Nagari setelah resmi dilantik  oleh Bupati Padang Pariaman, berarti Saudara merupakan orang-orang terpilih dan terbaik sebagai Aparatur Pemerintahan terdepan yang akan memimpin Nagari Saudara selama 6 (enam) tahun kedepan, dan dipundak Saudaralah tertompang keberhasilan Pembangunan dan Kesejahteraan masyarakat dimasa yang akan datang," ulasnya


Berikut Wali Nagari Terpilih yang resmi dilantik hari ini


1. Gasan Gadang

Tri Sukma


2. Kapalo Hilalang

Hendrizal


3. Limau Puruik

Afriyan  


4. III Koto Aur Malintang Utara

Amri Besman


5. III Koto Aur Malintang Selatan

Era Jaya


6. Sintuak

Desrial


7. Sicincin

Febriwendi Firdaus


8. Parik Malintang

Sudirman


9. Gunung Padang Alai

Deri Alpendo


10. Sungai Sariak

Zaiful Yudi


11. Balah Aie

Jonifriadi Abu Bakar 


12. Kudu Gantiang

Muhammad Yunin 


13. Kuranji Hulu

Salman Hardani 


14. Kuranji Hilir

Janar Byen


15. Pilubang

Asrul


16. Lareh Nan Panjang

Muskinta


17. Lubuk Pandan

 Yudhi Ferianto


18. Malai V Suku

Azirman


19. Batu Kalang

Ismael Ali


20. Koto Baru

Jolly Eriadi


21. Koto Dalam

Dedi Cahyadi


22. Ulakan

Ade Candra Putra


23. Toboh Gadang

Yasman


24. Campago

Zul Hadi


25. Sikucur

Asrul Khairi


26. Pakandangan

Ikram Dasrul Dt Sati


27. Koto Tinggi

Hendri


28. Sungai Asam

Nofri Hardi Saputra.


Pelantikan  tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Padang Pariaman Drs. Rahmang, M.M,  unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Dandim Letkol. CZI. Titan Jatmiko, Wakapolres Padang Pariaman Kompol. Alfias Marzuki.


Juga dihadiri Ketua DPRD Arwinsyah, Wakil Ketua DPRD Aprinaldi dan Risdianto, Anggota DPRD Padang Pariaman,  Sekretaris Daerah Rudi Repenaldi Rilis, Ketua TP-PKK Ny. Yusrita Suhatri Bur, Ketua GOW Ny. Yusneli Erza Rahmang, Ketua DWP Ny. Yanti Rudi Rilis.


Kemudian Kepala OPD, Camat se Kabupaten Padang Pariaman, Kepala Cabang Bank Nagari Lubuk Alung Zulhelmi, Ketua dan Anggota LKAAM, Ketua dan Anggota KAN, serta Ketua Forum Bamus dan Wali Nagari se Kabupaten Padang Pariaman, Ketua Panitia Pilwana (Wis)




Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.