Reward Akhir Tahun Dari Kemendagri, Kota Pariaman Terima Anugerah Kota Sangat Inovatif

Wali Kota Pariaman Genius Umar Bersama Mentri Dalam Negeri Tito Karnavian


JAKARTA --- Kota Pariaman terus menuai prestasi demi prestasi dari Pemerintah Pusat, dimana dipenghujung tahun 2021 ini, satu lagi penghargaan tingkat nasional diraih oleh Pemerintah Kota Pariaman, yaitu Penganugerahan sebagai Kota Sangat Inovatif pada gelaran Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021.


Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Mendagri (Menteri Dalam Negeri), Tito Karnavian kepada Walikota Pariaman, Genius Umar, di Gedung C Ruang Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (29/12/2021).


"Ini adalah penghargaan kedua yang diraih oleh Kota Pariaman, dimana ditahun 2020 yang lalu, kita juga mendapatkan penghargaan serupa. Dengan adanya penghargaan ini, menjadikan Kota Pariaman sejajar dengan daerah-daerah inovatif lainya yang ada di indonesia," ujarnya.


Pada kesempatan ini, Tito Karnavian juga memberikan kesempatan untuk Walikota Pariaman menyampaikan sambutan dan ucapan sebagai pemenang yang masuk 10 besar Kota Sangat Inovatif, yang merupakan penghargaan tertinggi dalam gelaran penghargaan Tahunan yang digagas oleh Kemendagri ini.


Genius menyebutkan bahwa Kota Pariaman sangat konsen dalam meningkatkan inovasi di daerahnya, karena itu, sejak dirinya terpilih sebagai Walikota Pariaman tahun 2018, pihaknya banyak melahirkan inovasi-inovasi pelayanan kepada masyarakat terkait pemerintahan dan pelayanan publik, ulasnya.


"Untuk meningkatkan motivasi dari OPD yang ada, kita juga mengundang langsung bapak Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri, Akmal Malik dan juga Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kemendagri, Agus Fatoni ke Kota Pariaman  untuk memberikan arahan dan pemahaman tentang inovasi yang akan dibuat," tuturnya.


" IGA adalah penghargaan yang diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah Provinsi dan Kab/Kota, sebagai apresiasi akan inovasi yang telah berhasil dilakukan oleh daerah tersebut. Adapun Inovasi yang dinilai adalah di bidang tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah,"  terang Genius.




"Diantara 87 inovasi yang dilahirkan, ada 3 inovasi unggulan yakni program Satu Keuarga Satu Sarjana (Sagasaja), Badoncek dan Sedekah Pagi (Basigi) dan Ternak Aman Peternak Nyaman (Tampan), yang mendapat apresiasi dari Kemendagri," tukasnya.


Program Saga Saja, telah dimulai sejak Tahun 2018 lalu, dengan menguliahkan mereka ke perguruan tinggi vokasi yang telah bekerjasama dengan Pemko Pariaman, setiap tahun Pemko Pariaman telah menguliahkan anak Kota Pariaman mencapai 100 orang per tahun, yang tersebar pada perguruan seperti Politeknik Negeri Padang, ATI Padang, Poltekpel Sumbar, PKP dan kampus vokasi lainnya.


"Program ini adalah untuk membayar uang kuliah dan uang saku mahasiswa Sagasaja 1 miliyar setiap tahunnya, dimana selain menggunakan APBD program ini juga dibantu oleh Baznas Kota Pariaman dan dana CSR Bank Nagari serta partisipasi masyarakat perantau," ungkapnya.


Dengan raihan penghargaan ini, kreativitas yang dilakukan oleh Pemko Pariaman dinilai sangat bermanfaat bagi pelayan publik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat


Hal ini telah sesuai dengan tujuan penganugerahan IGA sendiri, yaitu untuk memicu dan memotivasi pemda agar meningkatkan inovasi dan kreativitas daerah dalam memberikan pelayan publik, serta mendukung arah pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan yang sesuai dengan arah kebijakan pemerintah pusat dan selaras dengan good governmance.


"Penghargaan ini adalah bukti bahwa Kota Pariaman adalah kota yang sangat inovatif, dan kita juga mendapat DID (Dana Insentif Daerah) sebesar 9 Milyar rupiah dari Kemendagri, yang tentunya sangat bermanfaat ditengah keterbatasan anggaran yang kita punya untuk Tahun 2022 mendatang," tutupnya.


Pada ajang IGA Tahun 2021, ada 14 Pemerintah Daerah yang mendapat kategori Sangat Inovatif yang mewakili untuk penerima penghargaan ini, terdiri dari 3 Provinsi, 7 Kabupaten, 2 Kota dan 2 daerah perbatasan, serta 31 Pemerintah Daerah terinovatif yang mewakili untuk penerima penghargaan ini terdiri dari 5 Provinsi, 10 Kabupaten, 10 Kota dan 3 Daerah Perbatasan.


Sedangkan untuk keselurahan penghargaan Kota Sangat Inovatif IGA untuk tahun 2021 ini didapat oleh 8 Provinsi, 17 Kabupaten, 12 Kota, 5 Daerah Perbatasan dan 3 Daerah Tertinggal. (Rilis/Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.