Tim Penilai Lomba Kader Posyandu Lakukan Telusur Lapangan di Posyandu Pada Enam Kecamatan


PATAMUAN--Ketua TP PKK Kabupaten Padang Pariaman Ny. Yusrita Suhatri Bur beserta tim Penilaian Lomba Kader Posyandu Berprestasi melakukan telusur lapangan di Posyandu 6 kecamatan nominator, Jumat (22/04/2022).


Telusur lapangan penilaian lomba kader Posyandu berprestasi tingkat Kabupaten Padang Pariaman di enam Posyandu perwakilan 6 kecamatan yang masuk nominasi ini merupakan lanjutan dari proses penilaian tahap 1 yang dilaksanakan Senin 18 April 2022 yang lalu.


Kunjungan tim penilai tersebut didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Hendri Satria, Plt Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Rudi Rahmad, Kabid Pemberdayaan Masyarakat Nurhayati, dan pengurus PKK Kabupaten Padang Pariaman.


Kedatangan rombongan tim penilai ini disambut meriah oleh camat, walinagari, Ketua TP PKK kecamatan, tim Puskesmas, kader-kader dan tokoh masyarakat setempat. 


Ketua TP PKK Yusrita Suhatri Bur menyampaikan, dalam penilaian ini bukan untuk mencari kesalahan, melainkan untuk melihat sekaligus membina sampai dimana kelebihan satu kader dalam melaksanakan tugasnya di lapangan. 


Untuk itu dia berharap, dengan adanya penilaian ini dapat memotivasi kader Posyandu agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerjanya.


Yusrita juga menghimbau agar kader Posyandu menjadi yang terbaik. Baik nantinya sehingga dapat meningkatkan keterampilan serta bermanfaat bagi masyarakat di lapangan. 


"Setiap kader silakan menonjolkan inovasinya masing -masing. Saya berharap kepada kader Posyandu untuk dapat meningkatkan kompetensi diri masing-masing,” harapnya.


Sementara tujuan dari penilaian ini menurut Ny. Yusrita, adalah untuk melihat secara langsung kondisi Posyandu, sarana prasarana, adminstrasi, aktifitas dan kemampuan kader dalam memahami tugas pokok dan fungsinya. 


Selanjutnya, mengetahui manfaat Posyandu bagi masyarakat, mengetahui dukungan serta kontribusi dari OPD yang terkait. Selain itu juga untuk mengetahui dukungan dan perhatian masyarakat dalam meningkatkan partisipasi dan swadaya pengelolaan dan program inovasi yang dilakukan oleh kader untuk mengembangkan kegiatan Posyandu yang tujuannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 


"Penilaian ini bertujuan untuk memotivasi kader lainnya dan meningkatkan kinerja, sehingga nanti bisa terpilih dan ditetapkannya sebagai kader Posyandu berprestasi tingkat kabupaten, yang akan maju ke tingkat Provinsi Sumbar tahun 2022," ulas dia.


Kata dia, kegiatan ini juga bukan hanya untuk penilaian saja, akan tetapi bisa dipakai sebagai upaya pembinaan dari pemerintah secara bersama-sama. 


"Kami berharap dengan penilaian ini mampu memotivasi untuk meningkatkan prestasi kader Posyandu kedepannya,” ujarnya.


Posyandu ini merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM), yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan anak serta upaya pencegahan stunting.


"Kader Posyandu hebat, Posyandu maju, masyarakat sejahtera, Padang Pariaman Berjaya," katanya. (***)


Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.