Wakil Bupati Drs. Rahmang, MM Dorong IKM Padang Pariaman Perkuat Kapasitas Kelembagaan

PADANG,– Wakil Bupati Padang Pariaman Drs.Rahmang, MM, Rabu (08/06/2022)  membuka secara resmi Pelatihan Pengelolaan Bisnis dan Manajemen Wirausaha yang diprakasai oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP) Padang Pariaman di Pangeran Beach Hotel Padang.


Wabup Rahmang  mengatakan, melalui pelatihan yang diselenggarakan hari ini merupakan sebuah upaya dalam mewujudkan penguatan kapasitas kelembagaan bagi sentra industri kecil dan industri menengah (IKM).


Sehingga, katanya,  wirausaha dapat mengembangkan dan mengelola usahanya dengan baik, baik di tingkat manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi, serta manajemen pemasaran.


Dia berharap,  dengan meningkatnya jumlah IKM di Kabupaten Padang Pariaman yang bergerak di berbagai sektor usaha, seperti bidang usaha industri pengolahan cokelat, industri pengolahan makanan ringan, industri pengolahan kelapa, industri pengolahan kopi, industri sulaman dan bordir, serta industri lainnya dapat berdampak baik terhadap meningkatnya kesejahteraan masyarakat.


“Maka dari itu saya berharap kepada para IKM yang mengikuti Pelatihan Pengelolaan Bisnis Dan Manajemen Wirausaha dapat mengikuti acara ini sampai selesai dengan serius sehingga bisa menjadi bekal dalam melakukan pengembangan usaha kedepannya,” ulasnya.


Sedangkan Yutiardi mengatakan jumlah pelaku UMKM di Padang Pariaman saat ini berjumlah 2.366 pelaku usaha. UMKM  yang sudah memiliki izin  PIRT (Pelaku Industri Rumah Tangga) sebagian hasil produksinya yang telah masuk ke swalayan dan minimarket.


" Pelatihan dilaksanakan hari ini merupakan pelatihan tahun kedua, setelah tahun kemarin juga pernah diadakan. Jadi pada tahun ini kita laksanakan untuk dua angkatan," ulasnya.


Dijelaskannya,  jumlah peserta sebanyak 60 orang. Angkatan Pertama 30 orang dan Kedua 30 orang. Peserta yang mengikuti ini berasal  dari pelaku IKM yang dipilih khusus, memiliki potensi sehingga nantinya  mampu mengembangkan usahanya. (R/Wis)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.