Hebat ! MAN Insan Cendekia Padang Pariaman Raih 10 Besar Rata-Rata Nilai Terbaik se Indonesia

 

SINTOGA– Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Padang Pariaman (MAN IC Padang Pariaman) masuk 10 besar satuan pendidikan dengan rerata nilai tertinggi se Indonesia.

Rerata tersebut diketahui saat conference kelulusan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2022 pada Kamis (30/6/2022) lalu.

Diketahui, seiring berjalannya perkembangan zaman dan teknologi digital, UM-PTKIN berhasil menjaring cendekiawan islam melalui ujian CBT dengan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) yang terdiri dari Tes Kemampuan Dasar (TKD), Tes Kemampuan Bidang IPA, dan Tes Kemampuan Bidang IPS.

Dilansir dari situs icpp.sch.id, Kepala MAN Insan Cendekia Padang Pariaman Bapak Hendrisakti Hoktovianus mengatakan, dari sepuluh satuan pendidikan rerata nilai tertinggi, ada MAN IC Padang Pariaman.

“MAN IC yang terletak di Sintuak Toboh Gadang, Kabupaten Padang Pariaman dengan nilai 592,490,” katanya, Jumat (1/7/2022).

Ia menambahkan, keluarga besar MAN IC Padang Pariaman menyambut kesuksesan ini dengan penuh rasa syukur.

Ia menyatakan lulusan MAN IC Padang Pariaman bukan saja di terima di perguruan tinggi umum favorit di dalam Negeri

“Tetapi lulusan MAN IC Padang Pariaman mampu juga bersaing di PTKIN,” kata dia.

Ia melanjutkan, keberhasilan MAN IC Padang Pariaman mendapat tempat yg baik di PT umum dan di PTKIN sesuai motto “Berotak Jerman, Berhati Makkah”.

Kesuksesan ini tidaklah datang dengan sendirinya tetapi diperoleh dengan perjuangan yang gigih,” ujarnya.

Kata kuncinya, lanjut Hendrisakti, pertama melakukan sesuatu yang bukan orang biasa lakukan,

“Kemudian libatkan Allah di setiap tindakan dan Selalu mendekatkan diri kepada pemberi Rahmat yaitu Allah SWT,” pungkasnya kemudian.

Prestasi membanggakan tersebut bukan kali ini saja, diketahui sebelumnya, siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Padang Pariaman peroleh 1.000 pada Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022.

Nilai sempurna tersebut dicapai oleh siswa bernama Alfaza Rahman.

Perolehan nilai tersebut mengantarkan Alfaza Rahman ke ke perguruan tinggi favorit dalam negeri Institut Teknologi Bandung (ITB), Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) pada Tes Kompetensi Akademik (TKA) Saintek Kimia.

Kepala Sekolah MAN IC Padang Pariaman Hendrisakti Hoktovianus mengatakan, perolehan nilai sempurna seperti Alfaza Rahman bukan yang pertama bagi siswa MAN IC Padang Pariaman.

“Bukan kali ini saja, tetapi di tahun 2021 siswa MAN IC Padang Pariaman berhasil juga memperoleh nilai 1.000 di mata pelajaran Kimia dan mata pelajaran Matematika,” sebagaimana dikutip dilansir dari icpp.sch.id, Kamis (30/6/2022).

Hendrisakti menambahkan, hasil pengumuman SBMPTN 2022 ini, sebanyak 45 siswa MAN IC Padang Pariaman mampu masuk Perguruan tinggi favorit di Indonesia.

Yaitu, lanjutnya, ITB, ITS, IPB, UGM, UI, UNPAD, UB, UNSRI, UNSYIAH, UNJA, UNIMAL, UIN Jakarta, UNAND, UNP dan UPNYK.

“Tahun ini Sebanyak 6 orang siswa MAN IC Padang Pariaman diterima di jurusan Kedokteran dan 12 orang di terima di Jurusan Teknik,” kata dia.

Menurutnya, keberhasilan siswa MAN IC Padang Pariaman ini tidak terlepas dari kerjasama yang baik dari semua civitas.

“Kami bersyukur kepada Allah atas capaian prestasi ini, semua adalah rahmat dan karunia-Nya,” kata dia. (***)

Berita Ini Telah Tayang di portal berita www.katasumbar.com

Judul Aslinya

Luar Biasa! MAN di Padang Pariaman Ini Raih 10 Besar Rerata Nilai Terbaik se Indonesia

Link

https://katasumbar.com/luar-biasa-man-di-padang-pariaman-ini-raih-10-besar-rerata-nilai-terbaik-se-indonesia/

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.