Dirijen PHU Kamenag RI Resmikan Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu Kemenag Padang Pariaman


Padang Pariaman - Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof. H. Hilman Latief, M.A, Ph.D meresmikan Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman di depan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Padang Pariaman, Jl. Raya Padang-Bukittinggi KM 44, Kiambang, Nagari Lubuak Pandan, Kecamatan 2x11 Anam Lingkuang, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, Senin (26/12) 

Dalam sambutanya, Hilman Latief mengatakan, adanya Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) merupakan salah satu inovasi dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat pada Bidang Haji. 




"PLHUT ini merupakan perpanjangan tangan antara lembaga pengelola haji dengan Masyarakat sehingga segala pelayanan haji tertata menjadi satu pintu," kata Hilman.

Menurutnya, karakteristik dari PLHUT adalah tidak bisa direnovasi dan harus dimulai dari nol. 

"PLHUT Kemenag Padang Pariaman merupakan PLHUT yang pertama kali diresmikan di tahun 2022, tepatnya dipenghujung tahun dengan anggaran Rp.2,6 milyar," ungkapnya.

Kepala Kankemenag Padang Pariaman, H. Syafrizal, S.Ag, Tk. Sidi Sati menyampaikan apresiasi dan terima kasih serta rasa bangga atas kehadiran Dirjen PHU Kemenag RI di Kabupaten Padang Pariaman dalam rangka meresmikan gedung baru PLHUT Kemenag Padang Pariaman.

"Apresiasi dan terima kasih serta rasa bangga atas kehadiran Bapak Dirjen PHU Kemenag RI di Kabupaten Padang Pariaman dalam rangka meresmikan gedung baru PLHUT Kemenag Padang Pariaman," katanya.



Menurut Syafrizal, Gedung PLHUT Kemenag Padang Pariaman dibangun menggunakan dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) melalui DIPA Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman pada seksi PHU. Pembangunannya dimulai sejak tanggal 21 Juni 2022 dan diserahterimakan pada tanggal 4 Desember 2022 lalu.

"Kami juga menghaturkan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H. Helmi yang senantiasa telah memberi arahan dan dukungan pada Kankemenag Padang Pariaman atas terwujudnya pembangunan Gedung PLHUT dan juga haturan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur yang telah memfasilitasi pembangunan Gedung PLHUT ini dengan menghibahkan tanah yang dulunya merupakan bangunan UPT DPU Kabupaten Padang Pariaman", tuturnya.

Mantan Kasubbag TU tersebut juga menyampaikan haturan terima kasih pada Indra Syamsu Dt. Lanso yang telah menghibahkan tanahnya untuk akses jalan masuk.

"Terima kasih juga kepada kami sampaikan pada Tokoh Masyarakat Lubuk Pandan, Bapak Indra Syamsu Dt. Lanso yang telah menghibahkan tanah untuk akses jalan. Semoga keikhalasannya akan menjadi amal jariyah," tambahnya.

H. Syafrizal menambahkan, sesuai dengan pagu anggaran yang tersedia, pembangunan Gedung PLHUT Kemenag Padang Pariaman hanya sebatas fisik gedung dan perlengkapan mobiler di dalamnya sehingga kondisi saat ini, belum ada pagar gedung, jendela pengaman serta halaman masih berupa tanah dan belum dilantai.



"Harapan kami, Bapak Dirjen PHU dapat mengucurkan dana tambahan pada tahun anggaran berikutnya untuk melengkapi fasilitas tersebut sehingga gedung kita ini semakin nyaman dan aman dalam beroperasional melayani masyarakat," tutup mantan Kepala MTsN 10 Padang Pariaman itu.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Helmi dalam sambutannya juga mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas kesediaan Dirjen PHU Kemenag RI berkunjung ke Sumatera Barat dalam rangka peresmian gedung PLHUT Kemenag Padang Pariaman. 


"Ini merupakan peresmian gedung PLHUT yang ketiga se Sumatera Barat setelah gedung PLHUT kota Padang dan Kota Pariaman diresmikan tahun kemarin. Insya Allah pada tahun 2023 akan dibangun juga gedung PLHUT Kabupaten Pasaman dan Kota Padang Panjang" kata Helmi.

Usai memberikan sambutan dan arahan, Dirjen PHU Kemenag RI langsung menandatangani prasasti dan melakukan pemotongan pita. Kegiatan peresmian tersebut turut dihadiri Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, Jajaran Kanwil Kemenag Sumbar, Unsur Forkopimda, Forkopimca, rekanan dari Perbankkan, Kepala KUA Kecamatan dan Kepala Madrasah se Kabupaten Padang Pariaman. (Mudawar/ Humas Kemenag Padang Pariaman)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.