Lantik Pejabat Eselon, Wali Kota Genius Umar Ingatkan Agar Pejabat Yang Dilantik Amanah dan Memperhatikan Tupoksinya


PARIAMAN,- Wali Kota Pariaman, Genius Umar melantik dan mengambil sumpah jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) dan Pejabat Administrator (Eselon III) di lingkungan Pemerintahan Kota Pariaman di Aula Balaikota Pariaman, Senin (9/1).

Genius Umar tekankan kepada pejabat yang dilantik agar lebih amanah dan profesional dalam menjalankan tugas dan kewajiban seperti sumpah janji yang telah dibacakan.

“Selamat kepada 19 pejabat Pemko Pariaman yang dilantik hari ini, satu orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan 18 orang Pejabat Administrator. Rotasi jabatan bukan sebatas pelantikan atau mutasi, tetapi merupakan pemenuhan kebutuhan daerah dalam upaya merealisasi program-program untuk Tahun 2023. Oleh karena itu, kita akan pantau terus seluruh pejabat dalam bertugas sehingga bila terjadi kekosongan, kita lakukan pengisian oleh aparatur-aparatur terbaik agar tidak menghambat kinerja pemerintah dalam melayani masyarakat,” ujarnya.

Untuk pejabat eselon II, Hendri sebelumnya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dilantik menjadi Kepala Bappeda Kota Pariaman. Genius menekankan kepada kepala Bappeda yang baru agar membantu kepala daerah dalam melaksanakan fungsi penunjang urusan pemerintahan di bidang perencanaan, pembangunan daerah, dan fungsi penunjang urusan pemerintahan bidang penelitian dan pengembangan. 

Sedangkan untuk pejabat administrator yang baru diantaranya Yalvi Endri dirotasi menjadi Sekretaris DPMD, Ferry Ferdian Bagindo Putra sebagai Kepala Kantor Kesbangpol, Erpan Sayuti menjadi Sekretaris Inspektorat dan Rismen menjadi Sekretaris Dinas Perhubungan.

"Yalvi Endri telah berpengalaman pada Bappeda dan Keuangan, agar bisa membenahi perencanaan dan keuangan desa-desa di Kota Pariaman kemudian fungsikan dan aktifkan kembali Barakai dan Dubalang Desa sesuai tupoksi masing – masing. Untuk Sekretaris Dinas Perhubungan agar lebih cermat lagi melihat potensi retribusi parkir dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pariaman, “ terangnya.

Tidak hanya itu, Genius juga berpesan kepada pejabat yang baru dilantik agar memperhatikan tupoksinya, karena sebagian dari tugas pemerintah daerah ada pada OPD. Seperti Dinas Kominfo yang menjadi marketing Pemko Pariaman dalam hal promosi karena apabila kerja baik dan bagus namun tidak dipublikasikan dengan baik maka masyarakat tidak akan mengetahui.

Kegiatan pelantikan dan mutasi jajaran pejabat setiap instansi pemerintah adalah bagian dari kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, serta merupakan bagian dari pola pembinaan karir pegawai. 

Sebagai bagian dari upaya penyegaran dan peningkatan kinerja, pelantikan ini dapat dimaknai terutama dari sudut kepentingan organisasi, bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu.

Untuk pejabat yang baru dilantik, segera lakukan konsolidasi internal ditempat yang baru, pahami tupoksi masing – masing serta ciptakan inovasi – inovasi yang baru untuk Kota Pariaman lebih baik lagi. 

Genius percaya, dengan potensi dari saudara-saudara pejabat yang baru dilantik, disertai dengan kinerja yang baik, berintegritas dan profesional, akan mampu membawa perubahan yang positif dalam pelaksanaan pemerintahan. Ayo bekerja sama memberikan peran serta terbaik dan kontribusi yang positif dalam setiap bidang yang dipercayakan pada kita masing-masing.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dihadiri oleh Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin, Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Yota Balad, Asisten I dan II Yaminurizal dan Elfis Chandra , Ketua TP PKK Kota Pariaman NY.Lucy Genius serta seluruh Kepala OPD dan ASN dilingkungan Pemko Pariaman. (R/Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.