Wawako Pariaman Dr.Genius Umar : Pemerintah Yang Baik, Pemerintah Yang Sedikit Memerintah

DR.Genius Umar Wakil Walikota Pariaman

Kota Pariaman,BANGUNPIAMAN.COM---Untuk mewujudkan Good Governance dalam pemerintahan, maka harus melibatkan Partisipatif aktif dengan masyarakat, baik dalam setiap pengambilan keputusan maupun kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah nantinya. Pemerintah itu ibarat Aquarium yang dapat dilihat dari segala arah oleh masyarakat, apabila aquarium itu bersih maka bersihlah dia, dan apabila dia kotor, maka rakyat dapat membersihkannya dengan melaporkannya.

Demikian diungkapkan Wakil walikota pariaman Genius umar ketika memberikan Kuliah Umum bagi mahasiswa/mahasiswi yang tergabung dalam Madrasah Anti Korupsi (MAK) yang diadakan oleh Persatuan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kota Pariaman yang bekerjasama dengan Indonesian Coruption Wacht (ICW) beberapa waktu lalu. Selain memberikan kuliah umum, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar juga mengadakan dialog dengan para mahasiswa/mahasiswi MAK ini. Acara ini dimoderatori oleh Ketua PDPM Kota Pariaman Abrar Azis.

Menurut Genius, selain dalam membentuk Good Governance, pemerintah dituntut juga untuk transparan dalam penyelenggaraan pemerintahan, baik dari segi Anggaran maupun penempatan posisi jabatan. Pemko Pariaman telah melakukan Transparansi dibidang penempatan eselon I dalam pemerintahan, ini kita buktikan dengan mengadakan Lelang Jabatan (Open Bidding) semenjak tahun 2013 lalu. Untuk transparansi anggaran Pemerintah Kota Pariaman ada sistem LPSE dan PPID yang dikelola oleh Pemko Pariaman dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat, bukan hanya masyarakat kota pariaman saja, tatapi masyarakat dunia.

“Jadi selain untuk menjadi pemerintahan yang Good Governance, Pemerintah juga dituntut untuk tegas dalam penegakan hukum (rule of law), dengan memperhatikan karakter dalam menegakkan hukum, mulai dari Supremasi Hukum, Kepastian hukum, Hukum yang responsive, Penegakan hukum yang konsisten dan non diskriminasi, hukum yang berkeadilan (wise and humanis) serta Peradilan yang independen” kata Genius Umar

Genius Umar yang bergelar Doktor di bidang ilmu kebijakan publik ini mengatakan, bahwa Pemerintahan yang baik adalah pemerintahan yang sedikit memerintah. Yang mempunyai arti adalah peran dari masyarakat yang terlibat dalam setiap pengambilan keputusan dan kesadaran masyarakat dalam menjadikan dirinya warga negara yang baik dengan mendukung dan ikut aktif dalam program-program yang telah dibuat oleh pemerintah. Dan kepada para mahasiswa MAK, agar dapat menjadi pelopor dalam hal ini, dengan melakukan apa saja yang bisa kita lakukan, dimulai dari pribadi.

WIS/Humas Pemko Pariaman

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.