KAN Lubuk Pandan Wakili Padang Pariaman Untuk Lomba KAN Berprestasi Tingkat Sumatera Barat

KAN Lubuk Pandan Wakili Padang Pariaman Untuk Lomba KAN Berprestasi Tingkat Sumatera Barat

Kamis, 19 Mei 2016, 14.39.00

Tim Penilai Nagari Berprestasi Sumatera Barat Disambut Sirah dalam Carano Ketika Melakukan Penilaian Kepada KAN Nagari Lubuk Pandan ( Fhoto Wendra Subrata )

2 x 11 Enam Lingkung,BANGUNPIAMAN.COM---Kerapatan Adat Nagari Lubuak Pandan Kecamatan 2 x 11 Enam Lingkung hari Kamis (19/5) dikunjungi Tim Penilai KAN Terbaik Tingkat Sumatera Barat 2016 dalam memperebutkan peringkat terbaik KAN se Sumatera Barat.

KAN Lubuak Pandan akan bersaing dengan lima KAN kabupaten/kota lainnya di Sumbar; KAN Pandai Sikek Tanah Datar, KAN Koto Tinggi Agam, KAN Pauh V Padang, KAN koto Nan Ompek Payakumbuh dan KAN Pakan Rabaa Solok Selatan.

Mewakili Bupati Padang Pariaman, Wabup Suhatri Bur menyambut kedatangan Tim Penilai yang terdiri dari unsur LKAAM Sumbar, BPM, MUI, Bundo Kanduang, Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif dan Biro Binsos.

Wabup Suhatri Bur didampingi Sekretaris Daerah Padang Pariaman Jonpriadi SE, MM, Wakil Ketua DPRD Kab. Padang Pariaman Mothia Azis, anggota DPRD Sukiman, unsur Forkompinda Kab. Padang Pariaman, Ketua
(KAN) Lubuak Pandan Marizal Datuak Manijun, SH, Wali Nagari Budiman, SP, Niniak Mamak, Alim Ulama, Bundo Kandung, Wali Korong di lingkungan Nagari Lubuak Pandan.

Dalam sambutan selamat datang, Suhatri Bur menyebut bahwa saat ini KAN di Padang Pariaman berjumlah 43 buah yang menaungi 60 Nagari di 17 Kecamatan. Dari 43 KAN tersebut terpilihlah KAN Lubuak Pandan Kecamatan 2 x 11 Enam Lingkung mewakili Kab. Padang Pariaman mengikuti seleksi Penilaian KAN tingkat Provinsi Sumbar tahun 2016 ini.

"Kerapatan Adat Nagari sebagai lembaga yang menaungi para ninik mamak penghulu adat di nagari, maka peran lembaga KAN akan memberikan konstribusi yang tidak sedikit dalam upaya pemasyarakatan nilai-nilai adat di tengah kehidupan masyarakat nagari," kata mantan Ketua KPU Padang Pariaman itu.

"Kami menilai, Penilaian Lapangan KAN ini sangatlah penting diselenggarakan setiap tahunnya sebagai usaha merangsang tumbuhnya motivasi, inovasi dan kreatifitas KAN dalam memberikan pelayanan prima, kecepatan pelayanan administrasi dan membangun sumber daya manusia di wilayah kerjanya khususnya di bidang pemberdayaan nilai-nilai adat dan syarak," sambungnya lagi.

Menurut mantan Ketua BAZNAS Padang Pariaman, terpilihnya KAN Lubuak Pandan telah melalui proses yang panjang sejak awal tahun 2016. Pada bulan Februari sampai dengan April seluruh KAN yang ada di Kab. Padang Pariaman mengikuti proses penilaian oleh Tim Penilai Kabupaten Padang Pariaman. Berdasarkan penilaian Tim Kabupaten KAN Lubuak Pandan mengungguli 43 KAN lainnya.

"Alasan lain kenapa KAN Lubuak Pandan ini terpilih disamping dinilai mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dalam rangka menjalankan fungsi dan peranannya sebagai Kerapatan Adat Nagari juga mampu mensosialisasikan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah terhadap masyarakat," katanya mengakhiri sambutannya. (Hms)



TerPopuler