Hadapi Lebaran Walikota Pariaman Muklis Rahman Perintahkan SKPD Terkait Untuk Benahi Kawasan Wisata

Hadapi Lebaran Walikota Pariaman Muklis Rahman Perintahkan SKPD Terkait Untuk Benahi Kawasan Wisata

Rabu, 08 Juni 2016, 10.56.00
Pantai Gandoriah Pariaman, Siap Menampung Wisatawan Pada Lebaran Mendatang. Untuk Itu  Walikota  PariamanMuklis Rahman Memerintakan Kepala SKPD Membenahi Seluruh Tempat Wisata, Sehingga Pengunjung Merasa Nyaman dan Betah Berlama-Lama di Kota Pariaman.  (Sumber Fhoto Internet)
Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM---Untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengunjung (wisatawan) datang ke Kota Pariaman pada saat lebaran, Walikota Pariaman Mukhlis Rahman memerintah seluruh SKPD terkait agar berbenah dan menata kembali kawasan wisata.

Kota pariaman memiliki banyak lokasi wisata yang dapat dikunjungi wisatawan diantaranya Pantai Gandoriah, Pantai pasir lohong yang disulap menjadi taman anas malik, pantai cermin, Pantai kata dan pantai Sunur. Pulau angso duo dan penangkaran penyu sebagai ikon yang sangat terkenal juga menjadi tempat yang asik dan menyenangkan untuk dikunjungi wisatawan.

Sebagai kawasan yang baru berkembang tentu masih banyak kekurangan dan kelemahan yang perlu dibenahi kedepan baik sarana prasarana, Pelaku wisata termasuk SDM Aparatur yang berintegritas dalam mengkoordinir pelayanan wisatawan dilapangan.

“Saya minta SKPD terkait agar membenahi tempat wisata, tidak ada lagi parkir dikelola oleh preman dan memakai celana pendek, identitas pengelola parkir harus jelas dan tarifnya sesuaikan dengan aturan.” kata Mukhlis saat rapat bersama SKPD dilingkungan Pemerintah Kota Pariaman.

Kemudian masalah keselamatan dan kenyamanan wisatawan ke Pulau, Walikota Pariaman juga menginstruksikan kepada Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Kepala Dinas Perhubungan dan Komunikasi dan Informasi agar bersinergik serta bekerja dengan SOP yang telah ditetapkan. Tidak dibenarkan ada kapal lain selain kapal resmi, dan melakukan pengawasan rutin terhadap aktivitas pelayanan pariwisata dilapangan.

“Pelayanan Kapal Ke pulau hanya satu pintu, beri petunjuk arah pembelian tiket resmi dan kontrol naik turun penumpang kapal sesuai dengan aturan keselamatan penumpang, kita punya Pol PP jika ada oknum yang bekerja tidak sesuai dengan aturan bisa ditindak”.ulas Wako.

Menanggapi instruksi Walikota Pariaman tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Efendi Jamal mengatakan akan menertibkan kawasan wisata dengan bersinergik dengan Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo dan Kasat Pol PP untuk kenyamanan dan ketertiban pengunjung wisata.

Sedangkan Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Kota Pariaman, Yota Balad, juga akan menidaklanjuti instruksi Wako tersebut, dan akan selalu melakukan koordinasi bersama SKPD terkait, termasuk pihak Kamla yakni Pol Air, dan TNI.

Seperti yang dilansir dari www.antarasumbar.com  27 kapal yang disegel beberapa waktu lalu, 23 unit kapal telah melengkapi segala persyaratan yang ditetapkan. "Hingga saat ini memang masih ada empat unit kapal wisata yang belum melengkapi persyaratan seperti pas biru, pas kecil, dan pelampung," kata Yota Balad

Saat ini sebanyak 26 Kapal wisata yang telah dibenarkan serta diizinkan untuk membawa calon penumpang ke pulau kecil di perairan kota itu. 27 kapal wisata yang disegel sebelumnya memiliki beragam kekurangan persyaratan, sehingga pengusaha kapal hanya perlu melengkapi kekurangannya saja.(darwisman)

sumber :www.pariaman.co.id/antarasumbar.com

TerPopuler