Ini Tips Untuk Tetap Bugar dan Sehat Selama Ramadhan

Ini Tips Untuk Tetap Bugar dan Sehat Selama Ramadhan

Senin, 06 Juni 2016, 20.54.00


PUASA masih 29 hari lagi. Itu artinya, Anda juga harus menjaga badan agar tetap bugar selama menjalankan ibadah puasa, meski tanpa mendapat asupan makanan dan minuman hingga nanti tiba saatnya berbuka.

Karena selama menahan haus dan lapar, Anda juga harus tetap menjalankan aktivitas seperti biasanya. Berikut tips untuk tetap bugar dan sehat selama Ramadan, seperti dilansir dari laman Fitnesslatte, Minggu (5/6).

1. Jangan melewatkan sahur.

Melewatkan sahur, memperpanjang masa puasa karena tubuh Anda perlu bergantung pada makanan sebelumnya. Sahur diperlukan untuk menyimpan nutrisi dan energi sampai saatnya berbuka tiba.

Karena itu, sahur merupakan saat yang tepat untuk mengisi asupan nutrisi makanan padat. Seperti makan yang kaya protein. Misalnya telur, kacang-kacangan, ikan. Sebab, protein membuat Anda kenyang lebih lama dibandingkan dengan karbohidrat.

2. Jangan memperlakukan Iftar (makan malam) sebagai pesta.

Iftar harus seimbang, makanan bergizi dan tidak pesta. Makan berlebihan dan konsumsi berlebihan semua makanan lezat seperti martabak goreng, roti jala, rendang, lemang, serunding harus dibatasi.

Makanlah secukupnya saat berbuka puasa. Ingat, buka puasa bukan fokus pada pengisian bahan bakar tubuh Anda. Ini adalah tentang gizi, bukan kalori.

3. Hidrat tubuh Anda.

Ketika Anda puasa, Anda perlahan-lahan mulai mengalami dehidrasi sepanjang hari. Jadi setelah berbuka puasa, Anda perlu makan makanan yang mengandung cairan dan tentunya minum banyak air, yang menempatkan air kembali ke dalam tubuh Anda.

Minum air kelapa merupakan alternatif yang baik. Air kelapa memberikan tubuh elektrolit, vitamin dan nutrisi dan cepat hidrat tubuh Anda. Atau bisa juga dengan membuat smoothies, jus dan sup, yang memberikan tubuh air tambahan.

4. Kurangi makan karbohidrat dan lebih banyak makanan yang padat gizi.

Saat berbuka, biasanya Anda merasakan sangat kelaparan. Ketika Anda lapar, tubuh Anda akan mendambakan karbohidrat berminyak, seperti sepiring besar nasi goreng.

Tapi, sepiring besar karbohidrat berminyak hanya akan memuaskan Anda selama beberapa jam saja, namun tidak memuaskan rasa lapar keseluruhan tubuh Anda akan nutrisi.

Cobalah tetap berlaku adil untuk kebutuhan nutrisi tubuh Anda. Caranya, mengisi setengah piring dengan sayuran, seperempat piring dengan karbohidrat tepung (nasi, kentang, roti). Dan sisanya, dengan makanan protein seperti ayam, ikan, daging merah dan telur .

5. Kurangi makan makanan asin.

Jauhkan diri Anda dari makanan asin, seperti kacang asin dan chip selama Ramadan. Sebab, garam akan membuat Anda merasa lebih haus karena tubuh mengeluarkan lebih banyak air untuk menjaga tubuh tetap seimbang.

sumber : jpnn

TerPopuler