Padang Pariaman Akan Canangkan, Satu Nagari Satu Koperasi

Padang Pariaman Akan Canangkan, Satu Nagari Satu Koperasi

Minggu, 11 Desember 2016, 18.52.00
Rustam, SE, MM Kepala Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan Energi dan SDM Padang Pariaman
Padang Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM---Pemkab Padang Pariaman, di bawah kepemimpinan Drs. H. Ali Mukhni duet dengan Suhatri Bur, akan mencanangkan satu nagari satu koperasi binaan. Tujuannya dalam rangka membangkitkan semangat berkoperasi kepada masyarakat.

Hal itu diungkapkan Kadis Koperindag, Energi dan SDM Kabupaten Padang Pariaman, Rustam, SE, MM dalam acara pembinaan kelembagaan Koperasi di Pondok Indah Kota Pariaman, baru-baru ini di Pariaman.
.
Dikatakan, mendirikan koperasi mudah, tetapi yang sulit itu mengembangkan usaha dan anggota, kunci pokok dari berkoperasi tersebut, disiplin dan jujur, disiplin pengurus membukukan, hutang piutang, membukukan keuangan dan disiplin pula anggota membayar kewajiban sebagai anggota. “Kalau kedua itu bisa terlaksana, Insya Allah, usaha koperasi akan berkembang sendiri,” ujar Rustam.

Menurut Rustam, pihaknya selalu memberikan pembinaan terhadap gerakan koperasi di Padang Pariaman, tetapi masih ada diantara gerakan koperasi yang belum begitu memahami tentang tata cara membukukan keuangan koperasi dan membuat laporan RAT koperasi. “Kelemahan ini lah yang perlu dilengkapi dan disempurnakan,” tukuk Rustam.

Lebih jauh disampaikan Rustam,  gerakan satu nagari satu koperasi binaan telah mendapat arahan dan persetujuan dari Bupati Padang Pariaman, Drs. H. Ali Mukhni dengan maksud untuk menopang perekonomian masyarakat dan sekaligus menyambut gerakan 5000 koperasi di Sumatera Barat yang digagas Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Prof. Dr. Ir. Irwan Prayitno.

Rustam dari isu yang berkembang pada gerakan koperasi akan ikut mencalonkan diri menjadi Ketua Dekopinda Kabupaten Padang Pariaman, dalam Musda Dekopinda yang akan digelar Rabu (14/12/2016) di Pondok Indah Kota Pariaman. “Dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan Luncing atau peresmian satu nagari satu koperasi binaan jadi akan lahir 103 koperasi di Padang Pariaman sesuai dengan jumlah nagari ,” jelas Rustam lagi.

Beberapa gerakan koperasi di Kabupaten Paadang Pariaman, dalam bincang-bincang dengan wartawan anda di lapangan Sabtu (10/12/2016) mengatakan, sejak kepemimpinan Rustam gerakan koperasi terasa diayomi buktinya, banyak bantuan dari dana Kementerian yang bisa di bawa ke Padang Pariaman, seperti pembangunan Pasar Sungai Geringging, Pasar Basung dan Pasar Padang Sago yang dananya dialirkan kepada gerakan koperasi.

“Saya ikut mendukung kalau Rustam, maju menjadi Ketua Dekopinda Kabupaten Padang Pariaman, untuk 5 tahun mendatang,” ujar Syafruddin Ketua Koperasi Pematang Jaya IV Koto Aur Maalintang.

WIS/TKA

TerPopuler