Breaking News : Buya Syeikh H.Ali Imran Pendiri Ponpes Nurul Yaqin Ringan-Ringan Pakandangan Berpulang Kerahmatullah

Pakandangan, BANGUNPIAMAN.COM--Masyarakat Kabupaten Padangpariaman berduka.Al Mukaram Buya Syeikh H. Ali Imran Hasan pendiri Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Nagari Pakandangan Kecamatan Enam Lingkung, Rabu (12/4/2017) sekitar pukul 03.30, telah  berpulang kerahmatullah, di usia 91 tahun.

Kepergian ulama besar yang cukup berpengaruh tersebut membuat masyarakat menjadi kehilangan. Berbagai bentuk ucapan duka terus mengalir di media sosial baik itu melalui faceboook, twiter whatshap.

Al Mukaram Buya Syeikh H. Ali Imran Hasan adalah  seorang yang alim, wara', zuhud dan ramah dalam hidup dan kehidupan sebagai warasatul ambiya yang menjadi suri tauladan bagi kita semua. "Selamat jalan Buya kami, untuk menghadap Sang Khaliq. Benar apa yang di katakan oleh Rasulullah Saw, bahwa di akhir zaman nanti Islam akan hilang keberkahan Nya dengan cara meninggalnya para ulama," begitu kata seorang  nitizen yang posting media sosial, sebagai bentuk ungkapan belangsungkawa.

"Inya Allah buya kami sepeninggal Buya akan tetap mohon kepada Allah utk di beri kekuatan mengamalkan ilmu Islam yg telah Buya ajarkan, kami akan jaga, kami akan bela Islam sampai ajal datang menjemput. Semoga Allah Swt lsg menerima dan menempatkan guru kita di tempat yg di redhaiNya.Aamiin ya Rabbal'aalamiin," lanjutnya

Allaahummaghfirlahuu Warhamhu Wa'afihi Wa'fu'anhu. Waakrimnuzulahuu Wawasyi'madkhalahuu Waj'aliljannatamaswahuu Waghsilhu bilmaa i Watsalji Walbaradi. Wanaqihii Minalkhathaya kamayunaqats tsaubul abyadu minaddanasi waabdilhu daaran khairan mindaarihii waahlan khairan min ahlihii wazaujan khairan minzaujihii waqihii fitnatalqabri wa'adzaabannar.... Allaahuakbar ... Allaahumma laa tahrimnaa ajrahuu wa laa taftinaa ba'dahuu waghfirlanaa walahuu. Waliikhwaninalladzii natsabaquu nabil iiman walataj'alfiqulubina ghilallilladzii na'amanuu rabbanaa innaka raufurrahiim.

Masyaikh (Guru-Guru) Syehk H. Ali Imran Hasan (Tuanku Mudo)
Syehk H. Ali Imran Hasan (Tuanku Mudo) pendiri sekaligus pimpinan Pondok Pesantren Nurul Yaqin adalah seorang Ulama yang pernah belajar dan berguru kepada banyak ulama di Sumatera Barat, baik dalam bidang tafsir, fiqih, tauhid, tasauf, hadits, serta ilmu-ilmu alat dan sastra arab lainnya.

Diantara guru-guru beliau yang menurunkan pengajian lahir dan batin kepada beliau adalah :
a.      Syekh Muhammad Amin bin Abdullah (Buya Mato Air).
b.      Tuanku Pakandangan.
c.      Tuanku Sutan Pakandangan.
d.      Tuanku Andah Pakandangan.
e.       Syekh Muhammad Yatim Ampalu Tinggi.
f.        Syekh Muhammad Qadhi Koto Tujuh Malin Bandaro.
g.       Syekh Hasan bin Muhammad Rahim Tuanku Bagindo Ringan-Ringan.
h.       M. Zen Tuanku Hitam Surau Ampaleh Ringan-Ringan.
i.        Syekh Zakaria Tuanku Labai Sati Padang Laweh Malalo.
j.        Syekh Syahidan Syarbaini Mungo Padang Mangateh Payakumbuh.
k.       Syekh Ibrahim Harun Tiakar Payo Basung Payakumbuh.
l.        Buya Tuanku Shalih Keramat Sungai Sarik.
m.      Syekh Dura Tuanku Angin Padang Magek Batu Sangkar.
n.       Syekh H. Abu Bakar Sampan VII Koto Pariaman.
o.       Syekh H. Ibrahim Ampalu Tinggi Pariaman.
p.       Syekh M. Yunus Tuanku Sasak Pasaman.
q.       Syekh Tuanku Sidi Talua Sampan Pariaman.

Sejarah Singkat

Pondok Pesantren Nurul Yaqin adalah sebuah lembaga yang didirikan oleh Syehk. H. Ali Imran Hasan (Tuanku Mudo)  pada tahun 1960 di Korong Ringan-Ringan Negeri Pakandangan Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat.

Pondok Pesantren ini dahulu berawalnya dari beberapa Santri Tarbiyah Padang Laweh Malalo yang ikut dengan Syehk. H. Ali Imran Hasan (Tuanku Mudo) yang mendirikan PondokPesantren dikampung halamannya yaitu di Korong Ringan-Ringan yang diberi nama Pondok Pesantren Nurul Yaqin, dahulunya Pemimpin Pesantren ini menimba Ilmu Agama di Pesantren Tarbiyah Padang Laweh Malalo yang pada waktu itu Pemimpin serta Guru Besarnya ialah Syehk Zakaria Tuanku Labai Sati.

Dengan beberapa santri tersebut Pondok Pesantren Nurul Yaqin terus berkembang jaya. Pondok Pesantren Nurul Yaqin adalah sebuah lembaga yang masih utuh dan eksis mempertahankan mutu disiplin ilmu yang bersumber dari Kitab Standar atau dikenal sebagai Kitab Kuning karangan Ulama Timur Tengah tanpa kehilangan Visi dan Misi yang futristik.

Secara khusus Pondok Pesantren Nurul Yaqin menyiapkan Generasi Islam yang memiliki barometer keislaman yang kaffah sebagai basik yang utuh ditengah-tengah pendangkalan Nilai-Nilai keilmuan dan rusaknya mayoritas Umat Islam.

Wis/Dikutip Dari Blog Nurul Yaqin Ringan-Ringan Pakandangan

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.