Pembangunan PAMSIMAS Nagari Sikucua, Libatkan Masyarakat Tiga Korong - BANGUN PIAMAN.COM : Portal Berita Online

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 03 April 2017

Pembangunan PAMSIMAS Nagari Sikucua, Libatkan Masyarakat Tiga Korong

V Kampung Dalam, BANGUNPIAMAN.COM---Rencana lanjutan pembangunan Penyedian Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di nagari Sikucua Kecamatan V Koto Kampung Dalam, akan melibatkan masyarakat tiga korong. Korong yang terlibat diantaranya Korong Pematang Tinggi Nagari Sikucua Tangah, Durian Dangka Nagari Sikucua Tangah dan Guguak Korong Alahan Tabek Nagari Sikucua Barat.

Hal tersebut diungkapkan Ketua  Pelaksana Kegiatan PAMSIMAS Nagari Sikucua Adek, pada musyawarah yang digelar di Mushalla Palompetan Korong Durian Dangka Utara, Nagari Sikucua Utara, Jumat kemarin.

" Alhamdulillah pembebasan lokasi sebagai sumber air yang akan diolah untuk air minum kita sudah dapat kata sepakat musyawarah dengan pihak punya tanah  di pematang tinggi," kata Adek yang sehari-harinya juga Walikorong Durian Dangka Utara tersebut..

Menurut Adek, kegiatan pengolahan penyedian sumber air bersih PAMSIMAS tersebut sudah sejak tahun 2016 yang lalu dirumuskan dengan masyarakat bersama fasilitator PAMSIMAS Nagari Sikucua, namun kegiatan tersebut terkendala dengan adanya pemekaran nagari karena kegiatan PAMSIMAS sebagian memakai dana nagari.

Sementara itu Zulfentri Tim Fasilitator Senior PAMSIMAS Kabupaten Padang Pariaman yang akrab disapa Fen itu menjelaskan, kegiatan pengolahan penyedian air bersih PAMSIMAS di Korong Durian Dangka Utara Nagari Sikucua Tengah  akan mengunakan dana sebesar 70%  dari APBN, 10 % dari dana nagari sisanya berasal dari masyarakat yang berbasis inkind maupun incash.

Menurut Zulfentri, pengerjaan proyek PAMSIMAS tersebut sesuai dengan hasil musyawarah untuk menghemat biaya. Masyarakat setuju pengerjaan pembuatan baik itu bak air sampai penggalian pipa dilakukan secara gotong royong.

Pengolahan penyedian sumber air minum bersih PAMSIMAS tersebut yang mana nantinya sudah siap dioperasikan melalui SPAM (Sistim Penyedian Air Minum). " Jadi akan diserahkan pengelolaannya kepada masyarakat dengan membentuk kepengurusan secara swadaya masyarakat untuk bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar" ungkap Zulfentri.

ANDRA SIKUMBANG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Post Top Ad