Puja Meidewita Pelajar MIM Rambai Menderita Tumor Leher

Puja Meidewita (10) Penderita Tumor Leher Bersama Kedua Orang Tuanya ( Fhoto : Istimewa )
Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM---Puja Meidewita (10) Pelajar Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Rambai Kec. Pariaman Selatan Kota Pariaman menderita tumor leher. Penyakit tersebut sudah dideritanya semenjak bulan Februari 2018  lalu.

Ayah Puja yang bernama Afriandi (43 tahun) yang sehari-harinya bekerja sebagai menceritakan kepada Sabtu (15/9) siang, anaknya itu hanya menderita pembengkakan pada leher sebesar telur puyuh, dan karena keterbatasan biaya maka anak tersebut hanya dibawa berobat tradisional saja.

Namun, setelah tiga bulan berlalu bengkak dileher Puja makin membesar yang membuat keresahan Ibu Puja yang bernama Afni (34 tahun) yang sehari-harinya ibu rumah tangga itu.

"Sehingga pada waktu itu sekitar bulan Mei Puja dibawa untuk berobat ke Puskesmas Kuraitaji, sampai akhirnya pihak Puskesmas pun merujuk Puja ke RSUD Pariaman untuk dirujuk ke RSUD M. Djamil Padang," katanya.

Puja pun dibawa oleh Afni untuk berobat ke RSUD M. Djamil Padang, dan diperiksa di laboraturium. Namun, hasil pemeriksaan Puja menyatakan bahwa tumor yang diderita Puja tersebut tidak kronis sehingga Puja kembali dibawa pulang pada 10 September lalu dengan hanya dikasih obat pengurang rasa sakit dan disuruh kembali ke RSUD pada 19 Oktober mendatang.

Afni mengakui ia memang tidak terlalu banyak menceritakan kondisi Puja kepada orang lain, karena ia takut nantinya dikatakan tidak bertanggung jawab kepada anaknya dan hanya mengharap belas kasihan dari pihak lain, namun karena tumor itu makin membesar membuat Puja malu dan minder  berangkat ke sekolah.

Mengetahui penyakit Puja dan kondisi puja makin menurun, Anggota DPRD Kota Pariaman M. Taufik yang juga berdomisili di Desa Rambai, mengambil tindakan bersama istrinya Irmadawani untuk segera melihat kondisi Puja, dan pada akhirnya M. Taufik menghubungi Pimpinan BPJS Pariaman Sari Rusfa untuk meminta bantuan yang langsung juga merespon melihat kondisi Puja secara langsung karena keluarga Puja merupakan keluarga miskin yang tentunya mendapatakan perlindungan kesehatan dari Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diperuntukan bagi warga tidak mampu.

Tidak hanya BPJS Pariaman, M. Taufik juga menghubungi pihak Dinas Kesehatan Kota Pariaman yang direspon langsung Sekretaris Dinas Delri Soni yang turut hadir juga langsung ke rumah orang tua Puja yang juga dapat bantuan pembangunan rumah dari dana Perkim Kota Pariaman.

Akhirnya, dari koordinasi tersebut diperoleh kesimpulan, bahwasannya Puja pada hari senin, 17 September 2018 esok akan dibawa kembali ke Rumah Sakit Ropana Suri Padang untuk dilakukan pengobatan atau operasi dengan bantuan pihak Dinkes Kota Pariaman, M Taufik dan BPJS Pariaman yang akan didampingi langsung oleh Delri Soni bersama tim medis dari Puskesmas Kuraitaji, serta Kepala Desa Rambai Arif Fuadi untuk mendapatkan pengobatan selanjutnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Rambai Arif Fuadi menuturkan juga telah menerima laporan terkait kondisi Puja pada kamis lalu, bahkan Kades tersebut juga telah mengupayakan membantu membuat proposal bantuan biaya kepada pihak Baznas Kota Pariamanan.


"Atas nama Pemerintah Desa Rambai saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu biaya pengobatan Puja," katanya.  harsyi warsilah

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.