Kota Pariaman Berduka, Mantan Walikota Firdaus Amin Wafat

Kota Pariaman Berduka, Mantan Walikota Firdaus Amin Wafat

Jumat, 25 Januari 2019, 19.15.00
Almarhum Drs.Firdaus Amin, Ketika Akan Diberangkatkan ke Tempat Pemakaman di Lubuak Napa Nagari Batu Kalang Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman, Setelah disemayamkan di Balaikota Pariaman. ( Fhoto : Media Center Kominfo Pariaman )


Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM--Kota Pariaman kehilangan salah seorang putra terbaiknya. Drs.H.Firdaus Amin mantan Walikota Pariaman telah berpulang kerahmatullah Jumat dini hari sekitar pukul 01.00 Wib, di Rumah Sakit Siti Rahmah Padang. Almarhum disemayamkan di Kampuang Tangah Nagari Balah Hilia Lubuak Alung, Kabupaten Padang Pariaman.

Informasi kepergian Firdaus Amin menghadap sang khalik  begitu cepat menyebar di media sosial baik itu melalui FB, Wa Group. Ucapan duka pun begitu begitu banyak disampaikan masyarakat, atas kepergian firdaus amin

Firdaus Amin yang akrab disapa da Bujang tersebut adalah Walikota Adminstratif Pariaman dari tahun 1997 s/d 2002 dan Penjabat Walikota Pariaman dari tahun 2002 s/d 2003.

Semasa hidupnya, selain Walikotif dan Walikota Pariaman, tak sedikit kiprah beliau yang juga merupakan Alumni APDN Bukittinggi tahun 1973., termasuk menduduki jabatan penting seperti Camat Pangkalan Koto Baru dan Camat Harau Kab. 50 Kota, Camat Lubuk ALung, Camat Sungai Limau, Asisten I Tata Praja Pemkab Padang Pariaman, Plt. Bupati Padang-pariaman, Sekwilda Padang Pariaman, Itwilda Padang Pariaman dan Ketua Pembangunan Masjid.

Selepas tidak lagi menjabat Walikota Pariaman setelah pensiun dari PNS, Firdaus Amin menghabiskan hari tuanya di Lubuk Alung sebagai pengurus Masjid di Kampuang Tangah Balah Hilia Lubuak Alung.

Kemudian seminggu sekali Firdaus Amin sering ke kampuang istrinya Ibuk Fatmawati untuk melihat kebun kayu Jati yang ditanamnya di Lubuk Napa Nagari Batu Kalang Kecamatan Padang Sago, Padang Pariaman.

Bagi masyarakat Kota Pariaman jasa Firdaus Amin begitu banyak, karena pasca dihapusnya Kota Adminstratif Pariaman. Dengan semangatnya pantang mundur, berkat dukungan masyarakat berjuang hingga ke Jakarta untuk meningkatkan status Kota Administratif Pariaman menjadi kota otonom.

Walikota Pariaman Genius Umar ketika melepas ke tempat peristirahan terakhir menyampaikan duka yang mendalam atas meninggalnya Bapak Firdaus Amin, dan kepada keluarga yang ditinggalkan juga diberi ketabahan dan keikhlasan.

"Bapak Firdaus Amin adalah tokoh sekaligus salah seorang pendiri Kota Otonom Pariaman, banyak perjuangan beliau untuk Kota Pariaman yang kita cintai ini," ulasnya.

"Selain mantan Walikota Pariaman, beliau semasa hidupnya juga banyak memberikan nasehat-nasehat kebaikan kepada saya karena saya pernah jadi staf beliau semasa di Pemkab Padang Pariaman dan senior saya juga di Keluarga Besar Praja IPDN," tambahnya. (***/wis-harsyi warsilah)

TerPopuler