Komisioner Bawaslu Sumbar Vifner Himbau, ASN Padang Pariaman Untuk Netral Pada Pemilu 2019

Komisioner Bawaslu Sumbar Vifner Himbau, ASN Padang Pariaman Untuk Netral Pada Pemilu 2019

Sabtu, 23 Februari 2019, 17.21.00
Komisioner Bawaslu Sumbar Vifner, SH, MH yang didampingi Ketua Bawaslu Padang Pariaman Anton Ishaq, Ketika Memberikan Keterangan Kepada Wartawan, Pada Sosialisasi Pengawasan Pemilu Sabtu 23 Februari 2019, di Hotel Minang Jaya Lubuk Alung ( Fhoto : Darwisman )
Lubuk Alung, BANGUNPIAMAN.COM--Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Propinsi Sumatera Barat Vifner, SH, MH menghimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Padang Pariaman untuk netral, pada pemilu legislatif dan pemilu presiden tahun 2019 ini.

“Saya himbau ASN Padang Pariaman netral, jangan memihak dan jangan pula ikut mengkampanye pasangan calon presiden atau calon anggota legislative,” kata Vifner yang juga Koordiv Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Sumbar yang didampingi Ketua Bawaslu Padang Pariaman Anton Ishaq, Sabtu (23/02/2019) menjawab pertanyaan wartawan, disela-sela sosialisasi pengawasan pemilu, di Hotel Minang Jaya Lubuk Alung.

Sosialisasi yang mengangkat tema “ Netralitas Aparatur Penyelenggara Negara serta Lembaga Pendidikan  Dalam Pemilihan Umum 2019,”  tersebut diikuti Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Kantor serta Kepala Bagian dilingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. Kemudian juga diikuti Lembaga Pendidikan dan pengelola Pondok Pesantren se Kabupaten Padang Pariaman.

Menurut Vifner, sosialisasi yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman merupakan upaya pencegahan agar ASN tidak ikut-ikutan mengampayekan calon anggota legislatif maupun pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Komisioner Bawaslu Sumbar Vifner Ketika Memberikan Sosialisasi Pengawasan Pemilu, Dengan Moderator Anton Wira Tanjung ( Fhoto : Darwisman )
Vifner mengungkapkan, aturan itu dibuat agar para ASN bisa fokus untuk bekerja. Mereka tak terlibat dalam politik praktis, meski memiliki hak politik. Bawaslu punya kewenangan untuk mengawasi dan menindak ASN yang tidak netral.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman Anton Ishaq mengungkapkan, saat ini Bawaslu Padang Pariaman tengah menangani kasus ketidaknetral ASN Padang Pariaman. Satu kasus sudah dilimpahkan kepada komisi ASN, kemudian ada yang sedang ditangani dalam proses pemeriksaan saksi-saksi. " Hingga kini sudah empat kasus kita tangani," ulasnya.

Anton berharap melalui sosialisasi yang dilaksanakan hari ini diharapkan tidak ada lagi ASN yang ikut-ikutan dalam politik praktis.Bawaslu Padang Pariaman memastikan akan memproses laporan masyarakat masyarakat atau temuan oleh Bawaslu kalau ASN tidak netral.

"Makanya Bawaslu terus mengencarkan sosialisasi ketengah-tengah masyarakat, agar upaya pencegahan dapat dilakukan.Sehingga pelanggaran pemilu terhadap ketidaknetralan ASN di Padang Pariaman dapat diminimalisir," ulasnya.



Juga tampil sebagai nara sumber Ketua Bawaslu Padang Pariaman Anton Ishaq, Kordiv PHL Rudi Herman dengan moderator Zainal Abidin, SH.

Ketua Panitia Pelaksana Anton Wira Tanjuang mengungkapkan, sosialisasi yang dilaksanakan satu hari penuh ini diikuti jajaran ASN dilingkungkan Padang Pariaman, Lembaga Pendidikan, Pimpinan Pondok Pesantren serta jajaran wartawan (wis)

TerPopuler