Jawab Kebutuhan Kota Pintar, Pemkab Luncurkan Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Persuratan Kantor

Zahirman Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Padang Pariaman 
Padang Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM---Menjawab kebutuhan akan sebuah kota pintar, Padang Pariaman segera membenahi komponen smart city satu persatu. Perubahan dimulai dari sektor pemerintahan atau yang dikenal dengan istilah smart government.

"Untuk mewujudkan tekad menjadikan Padang Pariaman smart government kita mulai dari hal paling mendasar yaitu bagaimana mengelola persuratan baik surat masuk maupun surat keluar," ungkap Kadis Kominfo, Zahirman ketika membuka bimtek aplikasi SIAPKAN di aula BKPSDM, Selasa (19/3/19).

Aplikasi persuratan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman tersebut bernama SIAPKAN (Sistem Informasi Administrasi Persuratan Kantor).

"Jika di Propinsi Sumatera Barat maupun di Kabupaten/Kota lain ada aplikasi SiMaya, maka di Padang Pariaman ada aplikasi SIAPKAN ," ulas Zahirman.

siMaya dan SIAPKAN bukanlah dua aplikasi yang berbeda, namun satu aplikasi dengan tujuan yang sama. Yang berbeda hanya penamaan saja dan sepanjang masih dibolehkan oleh aturan yang berlaku. SIAPKAN merupakan modifikasi aplikasi SIMAYA milik Diskominfo Provinsi Sumatera Barat.

Bimtek aplikasi SIAPKAN ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo Propinsi Sumatera Barat. Dalam sambutannya, Yeflin Luandri, selaku Kadis Kominfo Propinsi Sumbar membeberkan beberapa manfaat yang dirasa jika pemerintah kabupaten telah mengaplikasikan aplikasi ini.

" Ada perbedaan yang dirasakan sebelum dan setelah memakai aplikasi SIAPKAN serta manfaatnya dalam menjalankan aktivitas pekerjan sehari-hari"

Yeflin menerangkan manfaat SIAPKAN diantaranya efisiensi waktu, biaya, sumber daya dan yang pasti ramah lingkungan. (rel/wis)


Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.