Wawako Mardison Mahyuddin : Lomba Bercerita Akan Memotivasi Anak Untuk Lebih Giat Membaca

Wawako Mardison Mahyuddin : Lomba Bercerita Akan Memotivasi Anak Untuk Lebih Giat Membaca

Kamis, 26 September 2019, 16.39.00
Wakil Walikota Mardison Mahyuddin Melihat Dari Dekat Lomba Bercerita ( Fhoto : Rika )

PARIAMAN ---  Untuk mengairahkan minat baca dilingkungan anak-anak maka lomba bercerita diharapkan akan memotivasi anak-anak semenjak usia dini.

Hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin saat membuka acara Lomba Bercerita Tingkat SD/MI se Kota Pariaman di Pentas Seni Pantai Gandoriah Pariaman, Kamis (26/9/2019).

Menurut Mardison, melalui budaya baca sejak usia dini anak-anak di ajarkan untuk gemar membaca, secara tidak langsung akan mendukung upaya peningkatan pembangunan masyarakat, hidup lebih cerdas, berwawasan luas dan tangkas menghadapi peluang dan tantangan di era globalisasi ini.

"Sejalan dengan program unggulan Pemko Pariaman, dimana Pemko mengiginkan masyarakat  menjadi pintar dengan adanya Kartu Pariaman Pintar (KPP), dan masyarakat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menjadi sumber daya manusia yang unggul," ulasnya.

Pemko Pariaman mengantisipasi melakukan berbagai kegiatan melalui OPD terkait, dan mensiasati agar anak-anak gemar membaca, tentu saja sesuai dengan perkembangan zaman di era globalisasi saat ini, dengan menyediakan tempat yang nyaman, lokasi strategis, dan buku yang disediakan sesuai dengan umur anak-anak.

“Untuk itu, bisa menghadirkan perpustakaan di kantor, kecamatan, sampai ke desa dan kelurahan agar minat baca masyarakat dan anak-anak generasi bisa tumbuh dan berkembang. Dan semoga kegiatan ini banyak manfaat bagi anak-anak, agar minat membaca anak-anak tidak luntur dan terhindar dari pengaruh malas,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Perpustakaan dan Kearsipan Setdako Pariaman Nen Marni  mengatakan sebanyak 18 peserta mengikuti lomba bercerita yang mewakili SD/MI se Kota Pariaman,

“Sedangkan untuk lomba menulis sebanyak 33 peserta masing-masing dari SMP/MTsN se Kota Pariaman diselanggarakan di perpustakaan Mr.St.Moh.Rasjid. Dengan dewan juri sendiri mereka yang memiliki kompetensi, pengalaman kerja yang sangat baik di bidangnya”, tambahnya.

Nen Marni mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk membangun pendidikan karakter, meningkatkan kecerdasan inovasi masyarakat.

Kemudian mengangkat dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah yang mengandung nilai kepahlawanan dan membangun karakter bangsa, Serta menumbuhkan seluruh anak-anak Indonesia untuk gemar membaca dari berbagai wilayah yang ada. Harsyi/Rika

TerPopuler