Sekdakab Padang Pariaman Jonpriadi : Jangan Hanya Saremonial Namun Jadikanlah GERMAS Sebagai Gerakan Budaya

Sekretaris Daerah Jonpriadi Membubuhkan Tanda Tangan, Untuk Mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, di Gelanggang Olahraga Sungai Sariak, Rabu 9 Oktober 2019 ( Fhoto : Suindra/Humas)

Sungai Sariak-Sekretaris Daerah Padang Pariaman Jonpriadi berharap Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) minta implementasi kegiatan GERMAS tidak hanya sebagai ceremonial saja. Namun jadikanlah  gerakan ini menjadi budaya di lingkungan pemerintah Kabupaten Padang Pariaman.

"Adannya kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup ,dimulai dengan perbanyak konsumsi buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban dan melakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari," katanya pada  acara Implmentasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) ke-3 pada Rabu (09/10) di Lapangan Bola GOR Sungai Sariak Nagari Lareh Nan Panjang Sungai Sariak Kecamatan VII Koto Sungai Sariak.

Sekda menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh jajaran yang terlibat dalam penyelenggaraan GERMAS terutama kepada Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Barat karena telah fasilitasi  kegiatan GERMAS di Kabupaten Padang Pariaman.

"Ruang lingkup GERMAS yaitu peningkatan aktifitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan peningakatan hidup sehat "ujarnya

Menurut Sekda GERMAS ini merupakan pelaksanaan yang ke-3,  pada kali ini dilaksanakan di Nagari Lareh Nan Panjang Sungai Sariak  yang mana sebelumnya telah dilaksanakan di Kecamatan V Koto Kampung Dalam dan Kecamatan Enam Lingkung.

Sekda Memberikan Ucapan Selamat Kepada Walinagari Lareh Nan Panjang Sungai Sariak, Atas Suksesnya GERMAS di Nagari Tersebut ( Fhoto : Suindra/Humas)

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat diwakili oleh Kabid Pelayanan Kesehatan Syafwan,S.KM,M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman Drs. H. Yutiardi Rifa’I, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP) Rudy Repenaldi Rilis,S. STP, MM.

Kepala OPD dan ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Kapolsek VII Koto Sungai Sariak Dony Rinaldy,SH, Camat VII Koto Sungai Sariak Imra Usni,S.Pd,MM, Wali Nagari Lareh Nan Panjang Riki Harianto, seluruh Wali Nagari di Kecamatan VII Koto Sungai Sariak dan masyarakat  Kecamatan VII Koto Sungai Sariak.

Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan penampilan puisi oleh SDN 32 VII Koto Sungai Sariak, ajakan Perilaku Hidup Sehat (PHBS) dari Duta Sanimasi oleh SDN 26 dan 28 VII Koto Sungai Sariak, Hiburan Tari Kreasi GERMAS oleh SMP VII Koto Sungai Sariak dan ajakan PHBS dari Bhakti Husada yang merupakan binaan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini juga terlihat antusias warga Nagari Lareh Nan Panjang  yang memberikan dukungan dalam bentuk pengadaan makan bajamba yang dibawa langsung oleh masyarakat Nagari Lareh Nan Panjang .

Kegiatan ini ditutup dengan pemutaran film tentang kesehatan dan keluarga berencana oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional . (rel/wis)
Diberdayakan oleh Blogger.