Ayo Ke Pariaman, Kunjungi Pariaman Nusantara Expo Dari Tanggal 10 S/d 14 Desember 2019 -->

Ayo Ke Pariaman, Kunjungi Pariaman Nusantara Expo Dari Tanggal 10 S/d 14 Desember 2019

Selasa, 10 Desember 2019, 23.03.00
Pembukaan Pariaman Nusantara Expo 2019. Fhoto : Harsy Warsilah

PARIAMAN--Pariaman Nusantara Expo 2019 di buka secara resmi oleh Gubernur Sumbar yang diwakili Asisten Bidang Ekonomi & Pembangunan Beni Warlis di Pantai Gandoriah Kota Pariaman, Selasa  (10/12).

Pariaman Nusantara Expo dalam rangka memeriahkan Hari Nusantara, digelar dari tanggal 10 s/d 14 Desember 2019 mendatang.

Pembukaan Pariaman Nusantara Expo tahun 2019 dimeriahkan oleh  Marching Band IPDN Sumatera Barat, Poltekpel Kemenhub dan SUPM Kota Pariaman.

Hadir dalam acara Walikota Pariaman Genius Umar,  Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, juga dihadiri oleh Guy Margalith Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera, Rachma Jaurinata Staff Ahli Politik dan Ekonomi Konsulat AS, Zulkarnaen Lubis Asisten Bidang Politik,dan Forkopimda Kota Pariaman

Beni Warlis mengucapan terimakasih kepada Kemenko Maritim dan Kasasi yang telah mau mempercayakan acara ini kepada Provinsi Sumatera Barat khususnya Kota Pariaman yang telah mampu menjadi tuan rumah Hari Nusantara 2019 ini dan apresiasi yang luar biasa beliau berikan kepada Pemerintah Kota Pariaman.

“Dengan adanya acara ini semoga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya lewat pembangunan ekonomi kelautan. Salah satunya caranya dengan melibatkan peran serta masyarakat dalam bentuk Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM yang ada di Kota Pariaman ini, dan sekaligus akan membuat Kota Pariaman semakin terkenal, bukan saja di Indonesia tapi juga di Dunia Internasional sebagai kota tujuan wisata,” harap Beni Warlis.

Walikota Pariaman Genius Umar mengucapkan  terimakasih kepada Kemenko Maritim dan Kasasi, Kementerian PU, Kementerian BUMN, atas ditunjuknya Pemerintah Kota Pariaman sebagai tuan rumah Hari Nusantara Tahun 2019 ini, walaupun banyak Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia tapi tahun ini dipilih Kota Pariaman sebagai tuan rumah Hari Nusantara yang ke 19.

“Hari Nusantara merupakan perwujudan dari Deklarasi Djuanda yang dianggap sebagai Deklarasi Kemerdekaan Indonesia kedua. Melalui deklarasi tersebut, Indonesia merajut dan mempersatukan kembali wilayah dan lautannya yang luas, menyatu menjadi kesatuan yang utuh dan berdaulat,”  ujarGenius Umar.

“Melalui Keppres No.126/2001 dikukuhkan sebagai Hari Nusantara, artinya setiap tanggal 13 Desember mulai diperingati sebagai salah satu Hari Nasional. Hari Nusantara yang diperingati setiap tanggal 13 Desember merupakan penegasan dan pengingatan bahwa Indonesia adalah Negara Kepulauan terbesar di dunia,” jelas Walikota ini.

“Banyak pihak yang belum paham tentang Deklarasi Djuanda, oleh karena itu melalui acara yang sejak tanggal 7 kita laksanakan dan berakhir dalam acara puncak tanggal 14 Desember 2019, kita harapkan seluruh rakyat Indonesia memahami arti pentingnya Deklarasi Djuanda, memahami arti penting dari Hari Nusantara ini,”tambahnya.

Beliau juga sampaikan bahwa rangkaian pertama Hari Nusantara ini dilaksanakan di Kota Padang yaitu dalam acara Mancing Mania dan di Koordinir oleh Bapak David dan Lantamal II Padang dengan peserta dari seluruh Indonesia dan meraih sukses luar biasa, dan tahun depan Genius Umar akan jadikan mancing mania ini sebagai kalender rutin dari Kota Pariaman yang diadakan setiap tanggal 13 Desember setiap tahunnya.

Untuk hari kedua kita telah lakukan Pariaman Wirabraja Run 10 K dan 5 K dengan jumlah peserta sekitar 3.200 lebih dan ini adalah prestasi yang luar biasa bagi Kota Pariaman, oleh sebab itu Pemerintah Kota Pariaman juga mengucapkan juga terima kasih kepada Bapak Danrem dan seluruh Forkopimda Kota Pariaman atas dukungan acara yang sangat luar biasa ini.

“Dan acara ke tiga yang kita laksanakan hari ini adalah Pariaman Nusantara Expo 2019, yang menampilkan berbagai produk Nusantara dan diharapkan ini akan dihadiri oleh banyak orang yang juga akan mendukung Kota Pariaman sebagai kota tujuan wisata dan juga untuk mengembangkan UMKM kita”, lanjutnya.

Beliau berpesan, mari kita ramaikan Pariaman Nusantara Expo 2019 di Kota Pariaman, dengan dukungan kita bersama acara peringatan Hari Nusantara 2019 akan meraih kesuksesan yang luar biasa.

Pewarta : Harsy Warsilah

TerPopuler