Dirjen Kemendagri Apresiasi Kemajuan Kota Pariaman Dibawah Wako Genius Umar -->

Dirjen Kemendagri Apresiasi Kemajuan Kota Pariaman Dibawah Wako Genius Umar

Selasa, 18 Februari 2020, 13.30.00

 

 



PARIAMAN- Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI Akmal Malik bersama Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Muchlis Hamdi lakukan kunjungan kerja ke Kota Pariaman, Selasa (18/2).


Kedatangan orang-orang terbaik di Kemendagri tersebut langsung dijemput Walikota Pariaman Genius Umar di Bandara Internasional Minangkabau. Setelah itu, di ajak sarapan di pusat kuliner khas Kota Pariaman yakni Los Lambuang Balai Kurai Taji.


Rombongan juga menikmati suguhan makanan Katan Durian (Ketan Durian) dan segelas Teh Talua (Teh Telor) hangat.


Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik, mengungkapkan tujuan ia ke Kota Pariaman guna melihat dan memantau perkembangan pembangunan Kota Pariaman.


Hal tersebut dikarenakan, Akmal Malik, pada tahun 1994 pernah bertugas di Kabupaten Padang Pariaman semasa bupatinya Almarhum Bapak Nasrul Syahrun. Setelah dapat izin belajar, ia melanjutkan ke Jakarta dan sampai sekarang bertugas di Kemendagri RI.


" Saya melihat pertumbuhan Kota Pariaman dari waktu ke waktu sangat luar biasa. Ini saya lihat tumbuh karena dua kepemimpinan, dulu zaman Almarhum Bapak Anas Malik, Pariaman tumbuh menjadi kota yang bersih dengan kulturnya yang keras. namun sekarang Kota Pariaman tumbuh luar biasa ditengah-tengah peran kepala daerah yang harus mendorong partisipasi yang cukup tinggi dalam membangun daerahnya," ungkap Akmal Malik.


Akmal ungkapkan, tak banyak kepala daerah yang mampu membangun masyarakat yang sangat kritis sekarang. Tetapi saya lihat Kota Pariaman mampu dan pertumbuhan Kota Pariaman dalam lima tahun terakhir ini sudah sangat luar biasa majunya.


Ia menambahkan, hal yang lebih dibutuhkan Kota Pariaman sekarang ialah partisipasi masyarakat yang harus lebih bagus lagi dan lebih menyadarkan diri bahwa kita di pariaman punya nilai jual untuk memperbaiki nilai ekonomi masyarakat. karena kunci pembangunan sukses atau tidak itu adalah oleh manusianya bukan Pemda-nya.


" Karena, pemerintah daerah tak kan mampu membangun dengan dana APBD, karena dana APBD itu terbatas. Dan beruntunglah kota Pariaman punya Walikota yang jago nyari uang ke Pemerintah Pusat untuk membangun Kota Pariaman. Karena faktor keberhasilan sebuah daerah itu adalah kuncinya di leadernya, yakni Kepala Daerahnya," imbuhnya lagi.


Hal tersebut sesuai dengan perintah Mendagri RI, Tito Karnavian, yang sangat mengapresiasi dan mendorong pemimpin-pemimpin daerah yang berkualitas dan berkuantitas. Kemendagri siap untuk memberikan dukungan, fasilitas, regulasi dan sebagainya sebagai bentuk fasilitasi kepada kepala daearah yang mau berinovasi, kreatif.  " Dan Pak Genius Umar masuk dalam kategori itu," singkat Akmal Malik mengakhiri.


Sementara itu, dalam mendampingi rombongan, Walikota Pariaman Genius Umar katakan banyak masukan yang diberikan kepada Kota Pariaman. Intinya Kota Pariaman harus memiliki leader dan jaringan penguatan organisasi daerah yang kuat untuk memimpin daerah ini.


" Harus ada inovasi-inovasi baru, mampu menggerakkan partisipasi masyarakat untuk membangun daerah, karena membangun tak hanya tugas pemerintah saja, tetapi juga tugas masyarakat," ungkap Genius.


Kita di Kota Pariaman, tambah Genius lagi akan menyusun program-program kreatif yang menjadi investasi Kota Pariaman dan Sumatera Barat yang nanti akan melahirkan tokoh tokoh yang intelektual tinggi untuk membangun daerah ini di masa depan. Sebagaimana beberapa program yang telah diluncurkan seperti Satu Keluarga Satu Sarjana (sagasaja) dan beasiswa pendidikan. ( KL)

TerPopuler