Gubernur Irwan Prayitno : Rakerwil APEKSI Wilayah I diharapkan Antar Walikota Saling Sharing Informasi Dalam Membangun Kota

Gubernur Irwan Prayitno : Rakerwil APEKSI Wilayah I diharapkan Antar Walikota Saling Sharing Informasi Dalam Membangun Kota

Rabu, 18 Maret 2020, 19.27.00
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Memberikan Sambutan Saat Membuka Rakerwil APEKSI WILAYAH I, di Kota Pariaman Rabu 18 Maret 2020

PARIAMAN---Gubernur Sumbar Irwan Prayitno membuka  membuka Rapat kerja Wilayah I (RAKERWIL) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Tahun 2020 di Kota Pariaman, Rabu (18/03/2020).

“Saya diberi kesempatan menghadiri dan membuka Rakerwil I APEKSI Tahun 2020 di Kota Pariaman. APEKSI wilayah I yang diketuai oleh Walikota Pekanbaru Bapak Firdaus," kata Irwan.

Dijelaskannya, sebenarnya sudah dirancang lama dengan berbagai kegiatan yang sangat banyak melibatkan masyarakat .

Namun karena di Sumatera Barat umumnya Kota Pariaman khususnya sedang melakukan pencegahan virus corona, sehingga APEKSI Tahun 2020 dilaksanakan dalam bentuk rapat saja dan mengurangi berbagai macam kegiatan.

Menurut Gubernur, APEKSI merupakan suatu wadah untuk seluruh walikota melakukan sharing informasi, pengalaman yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kota masing - masing.

Walikota mempunyai amanah yang besar terhadap perkembangan kotanya. Melalui APEKSI ini berbagi ide - ide kreatif sangat membantu sesama walikota.

“Pada pelaksanaan APEKSI Tahun 2020 di Kota Pariaman, hendaknya semua anggota APEKSI bisa menggunakan kesempatan ini untuk meniru, ambil yang baiknya dan terapkan di kota masing - masing sehingga ajang APEKSI ini adalah saatnya kita bersinergi bukan berkompetisi, “ terangnya.

Sementara itu Walikota Pariaman Genius Umar selaku tuan rumah dalam sambutannya pada pembukaan Rakerwil I APEKSI 2020 mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada semua anggota APEKSI Wilayah I di Kota Pariaman.

“Alhamdulillah saat ini kita bersama menjadi saksi bahwa Gubernur Sumatera Barat melakukan pembukaan Rakerwil I APEKSI Tahun 2020 di Kota Pariaman. Apeksi Wilayah I ini terdiri dari 24 kota yang tersebar di Sumatera dan alhamdulillah ada 19 Walikota yang hadir langsung pada APEKSI kali ini. APEKSI di Kota Pariaman dilaksanakan tanggal 17 s.d 21 Maret 2020, “ terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota yang didaulat memberikan keynote speech mengatakan,  kegiatan Rakerwil I APEKSI sebagai ajang untuk bertukar pikiran, berbagi pengalaman dan berdiskusi untuk menyuarakan aspirasi dari tiap Pemerintah Kota.

"Ini sebagai dorongan bagi seluruh anggota, untuk berkolaborasi dalam mewujudkan pembangunan daerah dan memperbanyak kontribusi demi membangun negeri, apalgi saat ini kita sedang ditakuti oleh virus corona. Sebagai pimpinan ini akan menjadi PR bersama bagaimana membuat masyarakat kita tetap nyaman dan merasa dilindungi dari ancaman virus ini," terangnya.

Ia berharap Semoga dengan adanya Rakerwil I APEKSI dapat melahirkan ide, gagasan dan terobosan sekaligus membangun solidaritas antar walikota dan wakil Walikota sehingga mampu memberikan kontribusi terhadap daerah yang berdaulat pada masa mendatang. Pertemuan ini dapat memberikan solusi terhadap masalah yang terjadi dan dihadapi oleh masyarakat.(dewi lestari/harsy)



TerPopuler