2.068 Gastib Akan Amankan Pilkada Pada 1.034 TPS di Pasaman Barat

Up to

PASAMAN BARAT – Sebanyak 2.068 orang Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) akan bertugas di 1.034 TPS yang tersebar di Kabupaten Pasaman Barat. Petugas Satlinmas tersebut diharapkan bisa mengamankan jalannya Pilkada serentak 2020.


Pjs Bupati Pasaman Barat, Hansastri memimpin langsung apel pasukan dan penandatangan berita acara serah terima Satlinmas untuk pemilihan bupati, wakil bupati serta pemilihan gubernur dan wakil gubernur, Jumat Pagi, (4/12/2020) di halaman kantor bupati setempat.


Dalam apel tersebut juga hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pasaman Barat, KPU, para kepala OPD, camat dan Satlinmas.


Pjs Bupati Pasbar Hansastri, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada tahun ini Pasbar mempunyai calon bupati dan wakil bupati sebanyak 5 pasang calon dan termasuk jumlah calon terbanyak dari tahun sebelumnya.


“Untuk itu, hal ini menjadi tugas berat bagi kita semua mensukseskan kegiatan Pilkada serentak 2020 ini di tengah pandemi yang semakin meninggi,” jelas Hansastri.




Ia sangat mengharapkan kepada seluruh masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dengan memakai masker, sering cuci tangan dan jaga jarak.


Ia menambahkan, Satlinmas adalah bagian dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Satlinmas TPS juga merupakan bagian dari KPPS sebagai penjamin keamanan, ketentraman dan ketertiban pelaksanaan pemilihan kepala daerah.


“Dalam menjalankan tugas pengamanan Satlinmas tidak bekerja sendiri, mereka dibantu oleh pihak kepolisian yang bertanggung jawab penuh terhadap keamanan pemilihan kepala daerah. Untuk itu, anggota Satlinmas diwajibkan bekerjasama dengan Polri, TNI, Pol PP yang ditugaskan untuk mengawasi TPS,” ungkap Hansastri.


“Oleh sebab itu, kami serahkan satuan Linmas pengamanan TPS pemilihan kepala daerah di Kabupaten Pasbar secara resmi kepada kepolisian resort Pasbar dengan jumlah 2 orang per TPS total seluruhnya adalah 2.068 orang. Dengan harapan Bapak Kapolres dapat menggunakannya semaksimal mungkin sebagai tenaga bantuan pengamanan TPS,” harap Hansastri saat melakukan serah terima Satlinmas. 

Robi Irwan

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.