Wako Genius Umar Resmikan Sekretariat DPD PKDP Kota Padang Sekaligus Lounching Lapau Piaman

Wali Kota Pariaman Genius Umar, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur serta para tamu lainnya sedang menikmati sek.


PADANG
--Wali Kota Pariaman, Genius Umar Resmikan Kantor Sekretariat DPD (Dewan Pimpinan Daerah) PKDP (Persatuan Keluarga Daerah Piaman) Kota Padang, bertempat di Jalan S. Parman No. 236-I (Simpang Eks IndahTheater) Ulak Karang, Kota Padang, Sabtu siang (12/2/2022).


Turut Hadir dalam Peresmian dan Launching ini Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, Ketua DPW PKDP Sumatera Barat, Ramal Saleh, dan jajaran, Ketua DPD PKDP Kota Padang, Amril Amin, dan jajaran selaku panitia acara, Asisten I Kota Pariaman, Yaminu Rizal, Owner Lapau Pariaman, dan hadir juga dari jauh Ketua PKDP Indragiri Hilir (Inhil) Riau, Syamsir, dan pengurus, serta Para Perantau dan masyarakat Piaman yang adadi Kota Padang.


“Saat ini Kota Pariaman terus membangun, walaupun dalam keterbatasan anggaran karena Pandemi Covid-19, tetapi kita terus membangun mulai dari bulan Januari kemaren, karena saat ini pembangunan yang kita lakukan adalah secara swadaya dan gotong royong,” ujarnya.




Genius menuturkan Pemko Pariaman bersama masyarakat telah melakukan pembukaan jalan baru dengan non budgeter, dimana pembukaan jalan tersebut telah mencapai 20 KM, yang tersebar di Kota Pariaman, tanpa menelan biaya sepersenpun membebankan APBD, karena dilakukan secara gotong royong dan swadaya, baik oleh masyarakat dan Pemerintah Kota Pariaman.


“Untuk itu, kepada para perantau maupun pengurus PKDP, untuk saiyo sakaki dalam membangun kampung halaman kita, Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman, kalau ada rezeki, kirim ke kampung, untuk membangun kampung, kalau rezekinya berlebih, ayo ikut berinvestasi membangun kampung, apalagi Kota Pariaman telah menjelma menjadi Destinasi wisata bukan hanya di Sumatera Barat saja, tetapi juga di Kawasan Regional Sumatera dan juga Indonesia,” terang Lulusan S3 IPB ini.


Sementara itu Bupati Suhatri Bur mengatakan bahwa Lapau Piaman adalah menunjukkan ciri khas urang Piaman, harus kita pertahankan dan dikembangkan dalam hal positif. 


Seperti fungsi Lapau sebagai wadah diskusi dan tempat berkumpulnya tokoh dari berbagai unsur dan latar belakang pendidikan yang berbeda. 



"Sebagai orang piaman, sudah bisa dipastikan dia suka duduk di Lapau. karena disamping fungsi Lapau di Piaman sebagai pusat informasi juga sebagai wadah berhimpunnya segala lapisan masyarakat. Mulai dari tukang ojek dan stokar sampai kepada saudagar emas dan pejabat politik, semuanya berkumpul di lapau. Fungsi ini yang mesti kita pertahankan sebagai budaya dan dapat menjadi ruang diskusi publik, untuk membicarakan berbagai masalah serta kemajuan kampung halaman dan rantau," ungkap Suhatri Bur.


Disamping itu, dengan kehadiran Lapau Piaman Bupati Suhatri Bur menghimbau kepada seluruh DPD PKDP yang ada di provinsi Sumatera Barat. Untuk membangun Lapau Piaman sebagai wadah berhimpunnya urang Piaman, dengan model dan versinya menyesuaikan kondisi masing-masing daerah.


"Yang penting, Lapau tersebut akan digunakan sarana berkumpul dan menyediakan kuliner khas Piaman. Dan Lapau Piaman juga akan menggambarkan identitas urang asli Piaman di daerah tersebut," tutup Suhatri Bur yang akrab disapa Aciak itu.


Usai peresmian Sekretariat PKDP, para tamu diajak menikmati nasi sek ala Lapau Piaman. Kuliner khas Piaman itu, ternyata dinikmati oleh semua tamu dan undangan. Terutama sala bulek dan sala lambuak serta gulai santan Kapalo lauak Situhuak yang ditemani dengan sayue Anyang jo Pucuak parancih.




Menurut Masuri Ibo selaku Manajer Operasional Lapau Piaman, menu yang tersedia di Lapau Piaman ada 3 sesion dengan tiga jenis kuliner. 


Pada sesion pertama, pukul 05 - 11 tersedia sarapan pagi seperti teh talue, kopi dan katupek lamak dengan berbagai macam gulai, pukul 11 - 16 disediakan nasi sek dan sala lauak ala Pasie Piaman. 


Kemudian, mulai pukul 16 - 24 pengunjung Lapau Piaman bisa menikmati sate, gado-gado, tahu kecap ala Piaman sambil bermain koa dan domino menjelang istirahat. (R/Harsy/Wis)




Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.