Ini Harapan Wali Kota Genius Umar, Saat Kukuhkan TPPS Kota Pariaman

 

PARIAMAN,- Wali Kota Pariaman Genius Umar, Rabu (22/06/2022)  Kukuhkan Tim Pelaksana Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kota Pariaman, di Aula Balaikota Pariaman.

Acara tersebut digelar oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat, bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pariaman.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Wali Kota  Pariaman Mardison Mahyuddin, Sekretaris Daerah Kota Pariaman Yota Balad, Forkopimda, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Direktur RSUD Sadikin, Kepala Puskesmas, Camat, serta Kepala Desa/Lurah se Kota Pariaman.

Dalam sambutannya Wali Kota Genius Umar menginginkan tahun 2023 angka stunting di Kota Pariaman menjadi 0%. Angka tersebut bisa terealisasi dengan adanya kerjasama lintas sektor dalam penyelenggaraan percepatan penurunan stunting di Kota Pariaman.

" Yang bertugas untuk mengkoordinasikan, mensinergikan dan mengevaluasi penyelenggaraan percepatan penurunan stunting secara efektif, konvergen dan terintegrasi,” sebut Walikota Pariaman Genius Umar

Menurut Genius Umar, beliau tidak mempersalahkan perbedaan angka dari hasil data Ssgi Tahun 2021 yang menyebutkan, kasus stunting di Kota Pariaman adalah 20,3,%,.

Kemudian, tambahnya,  dari data posyandu adalah 10%, tetapi yang beliau mau adalah siapa orangnya by name by addres, kemudian dilakukan intervensi by name by addres juga, sehingga tahun depan kita bisa menuju zero percen (0%) stunting di Kota Pariaman.

Sementara itu Fatmawati selaku Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar menyampaikan, apresiasi dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Walikota dan Wakil Walikota Pariaman beserta jajaran, karena Kota Pariaman ini adalah Kabupaten/Kota yang masuk tiga besar dalam melaksanakan pengukuhan TPPS.

Hal ini menunjukan, bahwasanya komitmen Walikota dan Wakil Walikota Pariaman beserta jajaran terkait dengan pelaksanaan percepatan penanganan stunting ini sangat signifikan.

Karena, ulasnya, dari melihat jadwal kepala daerah yang biasanya selalu sibuk, dan hari ini Pemerintah Kota Pariaman menunjukan komitmen yang luar biasa terkait dengan percepatan penurunan stunting yang ada di Kota Pariaman.

Dalam acara tersebut Kepala DP3AKB Kota Pariaman Gusniyeti Zaunit juga menyatakan, bahwa maksud dikukuhkan TPPS Kota Pariaman ini adalah, untuk menyelesaikan permasalahan multidimensi stunting.

Kemudian memperkuat konvergensi melalui koordinasi dan konsolidasi program dan kegiatan pusat, daerah, dan desa, dengan tujuan untuk memastikan pencegahan stunting menjadi prioritas pemerintah dan masyarakat disemua tingkatan baik pusat maupun daerah, serta meningkatkan kesadaran publik dan perubahan perilaku masyarakat untuk mencegah stunting.

Selain pengukuhan TPPS Kota Pariaman, juga dilakukan penyerahan dana DAK Tahun 2022 kepada Pemerintah Kota Pariaman sebesar Rp.1.782.877.000,- dari BKKBN Provinsi Sumbar, sekaligus penandatanganan Komitmen Bersama. (R/Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.