IPELTA FC Tandikek Asli Selalu Aktif Setiap Open Tournamen Olahraga

 



Liga Nagari Tandikek digelar, peserta liga tersebut adalah seluruh kesebelasan yang ada di Nagari Tandikek lama, sebelum adanya pemekaran.

Salah satu pesertanya adalah IPELTA FC yang bermarkas di Korong Tandikek Asli Nagari Tandikek Utara. IPELTA adalah Ikatan Pemuda Pelajar Tandikek Asli yang selalu aktif mengikuti ivent olahraga baik itu Bola Voly maupun Sepakbola. 

Ketua IPELTA Samsuwir Koto menyebutkan, pada setiap Liga anak Nagari Tandikek Ippelta Fc tidak pernah absen dalam berlaga. Karena di Korong Tandikek Asli dengan struktur pemuda mumpuni telah menyatukan pemuda Tandikek Asli. 

Aktifnya IPELTA setiap kegiatan olahraga berkat adanya suntikan dana dari perantau yang begitu besar. Hal ini dilakukan oleh perantau agar pemuda setempat tidak terjerembab dengan berbagai penyakit masyarakat dan penyalahgunaan narkotika dan zat adiktif lainnya.

Dalam mengikuti liga nagari Tandikek Lamo tersebut, perantau mendukung penuh dengan membelikan kostum seragam untuk IPELTA FC

Tidak itu saja, selama Liga anak Nagari berlangsung perantau Tandikek Asli juga menjamin seluruh biaya untuk partisipasi sebuah turnamen, mulai dari uang pendaftaran sampai pada uang untuk konsumsi para pemain. 

Perantau Tandikek Asli yang sudah sukses dirantau adalah salah satu ikatan perantau yang tidak pernah lupa dengan kampung halamannya. 

Contoh yang nyata dari kuatnya persatuan Perantau Tandikek Asli adalah tahun kemarin saja diadakan acara open turnamen bola voli setingkat Provinsi Sumatera Barat. Hal ini juga tidak lepas dari peran perantau dan juga masyarakat Tandikek Asli umumnya. 

Peran antara masyarakat dan perantau yang penulis lihat tahun kemarin adalah salah satu yang terbesar karena tidak hanya mengadakan acara bola voli saja melainkan ada juga acara Kim(kesenian Irama Minang) yang terbesar yang penulis lihat di Kecamatan Patamuan dengan hadiah-hadiah yang besar. 

Makanya Korong Tandikek Asli adalah Korong yang memiliki persatuan yang kuat baik itu perantau maupun masyarakat yang berada di ranah.  

Untuk itu partisipasi tim Ippelta Fc dalam Liga Anak Nagari Tandikek bukan hanya sekedar pertandingan sepakbola biasa saja. Karena kebersamaan dari para pemuda untuk bahu-membahu untuk menjaga nama baik kampung adalah hal yang paling utama. (Abdul Jamil Al Rasyid  Lahir Di Padang Pariaman, Mahasiswa Jurusan Sastra Minangkabau Universitas Andalas)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.