Jumat, 16 Agustus 2019

Kompetisi Sain Madrasah Tingkat Sumbar Berakhir, Peserta Terbaik Akan Wakili Sumbar ke Manado

Penyerahan Hadiah Kepada Peserta Terbaik ( Fhoto : Humas )

PADANG, BANGUNPIAMAN.COM---Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang dilaksanakan di 4 tempat berbeda di Kota Padang ini, berjalan dengan sukses dan lancar.

Seperti yang dilaporkan Ketua Komite Penyelenggaraan KSM, H. Afrizal, “Dari 584 orang peserta yang sudah kita rencanakan dalam aplikasi KSM, hanya 581 orang yang telah melaksanakan KSM pada hari ini.

Tiga orang tidak mengikuti kompetisi karena berbagai alasan. Secara teknis, pelaksanaan KSM tingkat Pronvinsi Sumatera Barat telah berjalan dengan baik dan lancar tanpa kendala yang berarti. kamis, (15/8).

H. Afrizal yang menjabat sebagai Kasi Prasarana di Bidang Penmad Kanwil Kemenag Sumbar, menyampaikan bahwa peserta KSM yang memperoleh Juara 1, 2 dan 3 akan diberikan medali, tropi dan piagam penghargaan yang disponsori oleh Kanwil Kemenag Sumbar. Selain untuk sang juara, Kanwil Kemenag Sumbar juga membantu uang saku dan transport seluruh peserta. 


Mengakhiri laporannya didepan seluruh peserta KSM dan Kabid Penmad serta seluruh Kakan Kemenag se-Sumatera Barat, Plt. Kasi Kesiswaan ini menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh peserta dan official, jika ada kekurangan dalam pelaksanaan KSM kali ini.Terimakasih juga disampaikan oleh putra Pasaman ini atas kerjasama kawan-kawan panitia atas terlaksananya kegiatan tersebut. 

Mewakili Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Syamsul Arifin, selaku Kabid Penmad Kanwil Kemenag Sumbar mengapresiasi seluruh peserta KSM yang telah melaksanakan kompetisi tersebut dengan sehat dan baik. Apresiasi dan rasa terimakasih juga disampaikan kepada seluruh komite KSM baik di tingkat Provinsi maupun Kab/Kota serta panitia terkait lainnya yang telah bekerja keras mensukseskan kegiatan ini.

Kata “selamat” juga diucapkan H. Syamsul Arifin kepada peserta yang nantinya menjadi Juara 1 di ajang bergengsi ini. “Kepada anak-anak kami yang memperoleh nilai terbaik pada hari ini, kami ucapkan selamat menjadi juara 1 dan otomatis akan mewakili Sumatera Barat ke ajang KSM Tingkat Nasional di Menado, September mendatang,” ucapnya.

Ia juga memberikan motivasi bagi anak-anak yang belum berhasil meraih nilai terbaik atau memboyong medali pada laga kali ini. “Ingat, anda bukan tidak berhasil namun belum berhasil. Jadi jangan patah semangat. Tetaplah belajar dengan rajin dan tekun. Bagi kami, kamu semua adalah siswa-siswi yang hebat dan membanggakan,” tambahnya. 

Pada kesempatan tersebut, Kabid Penmad juga menghimbau seluruh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kab/Kota, Kasi Pendidikan Madrasah dan Pendis serta semua Kepala Madrasah (Kamad) Negeri dan Swasta agar memberikan dukungan dan support kepada anak-anak (juara 1) yang nantinya menjadi duta Sumatera Barat menuju ajang KSM Tingkat Nasional. 

“Kedepan, Kakan Kemenag Kab/Kota dan seluruh Kamad bisa memetakan siswa yang menonjol di bidangnya sehingga mereka bisa dibina lebih awal untuk disiapkan sebagai peserta OSN ataupun KSM pada tahun-tahun yang akan datang,” harap Plt. Kakan Kemenag Tanah Datar ini.

Upacara penutupan kegiatan KSM tersebut sampai pada acara puncak yang ditunggu-tunggu banyak pasang mata yang hadir pada saat itu yaitu pengumuman hasil KSM di masing-masing bidang studi yang di lombakan.

Sebagaimana yang disampaikan H. Hendri Panidias selaku Koordinator Komite Cluster I bahwa Juara 3 diraih Syafrian Ramadhan dari MIS Kota Solok, Juara 2 diraih Richard Ilhamdi dari MIS Al Ikhwan Kota Bukittinggi dan Juara 1 diraih Syifa Ul Fajriyah dari MIN 1 Kab. Dharmasraya untuk bidang studi matematika terintegrasi tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Untuk bidang studi IPA Terintegrasi, Kasi Kurikulum ini menyebutkan bahwa Juara 3 diraih Safura Mufida Freezeya dari MIN Kota Payakumbuh, Juara 2 diraih Afifah Humairah dari MIN 4 Kab. Agam dan Juara 1 diraih Najwa Aura Bilqis dari MIN 3 Kota Padang. 

Sementara itu, tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) dengan bidang studi Matematika Terintegrasi, peraih Juara 3 yaitu Kanya Hafsah Kamilah dari MTsN Padangpanjang, Juara 2 diraih Sukma Ningsi dari MTsS Lunto dan Juara 1 diraih Reviardo Al Muzzamil dari MTsN 7 Kab. Agam. Berbeda dengan Matematika, Juara 3 bidang studi IPA Terpadu Terintegrasi diraih Salsabila Putri Sonia dari MTsS Muhammadiyah Kurai Taji, Juara 2 diraih Rahmi Rabbina Arrasyida dari MTsN 6 Agam dan Juara 1 diraih Afnan Alfarhan dari MTsN Padangpanjang. 

“Adapun peraih Juara 3 untuk bidang studi IPS Terpadu Terintegrasi tingkat MTs yaitu Dhifaul Fadli dari MTsN 5 Pasaman, Juara 2 diraih Rida Rahma Ilahi dari MTsN 2 Kota Pariaman dan Juara 1 diraih Derizal Putra dari MTsN Padang Pariaman,” jelas Kasi Kurikulum tersebut. 

Pada tingkat Madrasah Aliyah alias MA, Koordinator Komite ini membeberkan para peraih Juara di enam bidang studi yang dilombkan. Untuk bidang studi Matematika Terintegrasi, Juara 3 diraih Fariz Muhammad dari MAN 1 Kab. Solok Selatan, Juara 2 diraih Ngatini dari MA Nurul Izzah Kab. Dharmasraya dan Juara 1 diraih Desy Annisa Putri dari MA PP Mu’allimin Kab. Agam. Untuk bidang studi Biologi Terintegrasi, Juara 3 diraih Reza Ramadhana dari MAS Perguruan Ar Risalah Kota Padang, Juara 2 diraih Luthfia Qoru dari MAS Ar Risalah Kota Padang dan Juara 1 diraih Hikmatul Faizah dari MAN 2 Kota Payakumbuh. 

“Untuk bidang studi Fisika Terintegrasi, Juara 3 diraih Zikra Latifah dari MAS Al Makmur Kab. Liko, Juara 2 diraih Hafiz Almahfuz Agusti dari MAN Limapuluh Kota dan Juara 1 diraih Ariq Rifki Nurhafis dari MAN 3 Agam. Sedangkan untuk bidang studi Kimia Terintegrasi, Juara 3 diraih Rizki Hanif dari MAS Ar Risalah Kota Padang, Juara 2 diraih Santi Ramadhani dari MAN Sangir dan Juara 1 diraih Muahmmad Humam Ridho dari MAS Ar Risalah Kota Padang,” lanjutnya.

“Juara 1 bidang studi Ekonomi Terintegrasi diraih Fitriatul Mardiyah dari MAN IC Kab. Padang Pariaman, Juara 2 diraih Rizkisya Sarah Intania dari MAN 1 Kota Bukittinggi dan Juara 3 diraih Alifah Rahmah Fitri dari MAN IC Padang Pariaman. Terakhir, untuk bidang studi Geografi Terintegrasi, Juara 3 diraih Hadisa Ramadhona dari MAN 1 Pasaman Barat, Juara 2 diraih Gading Miranda Wasilah dari MAN IC Padang Pariaman dan Juara 1 diraih Rahmadita Dwi Adianto dari MAS Ar Risalah Kota Padang,” tambahnya.

“Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dan disebutkan Komite KSM sebelumnya bahwa perolehan jumlah medali masing-masing peserta KSM merupakan tolok ukur penentuan Juara Umum di ajang KSM Tahun 2019 ini, maka dapat disimpulkan bahwa pengumpul medali emas, perak dan perunggu terbanyak kali ini jatuh pada Kabupaten Agam,” sebut H. Hendri Panidias.

Selamat atas perolehan para peserta dalam lomba kali ini. Selamat untuk Kabupaten Agam yang telah berhasil meraih Juara Umum dan memperoleh Piala Bergiliri dari Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat. Semoga kesuksessan ini bisa mengantarkan ke posisi lima besar di ajang Nasional nantinya.

Humas/Harsyi Warsilah


YUK BAGIKAN...

TENTANG:

Redaksi Dan Perusahaan Pers Berdasarkan UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers Ditayangkan oleh : PT. BANGUN PIAMAN MEDIA TAMA Keputusan Menkumham RI Nomor AHU-0034964.AH.01.01.Tahun 2017 Berdasarkan Akta Notaris JELISYE PUTRI CENERY, SH, MH, M.KNNo.01 Tanggal 03 Agustus 2017.

0 komentar:

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih