Jelang Puncak Hari Nusantara, Pemko Pariaman Gelar Aksi Bersih Pantai

Jelang Puncak Hari Nusantara, Pemko Pariaman Gelar Aksi Bersih Pantai

Jumat, 13 Desember 2019, 17.44.00
Walikota Pariaman Genius Umar Bersama Wakil Walikota Mardison Mahyuddin Bersama Stakeholder Gelar Aksi Bersih Pantai, Jelang Pembukaan Hari Nusantara Tingkat Nasional di Kota Pariaman. Fhoto : Dewi Lestari

PARIAMAN---Menjelang dilaksanakan puncak Hari Nusantara 2019 di Kota Pariaman, Sabtu (14/12) besok, Pemerintah Kota Pariaman bersama seluruh stakeholder melaksanakan gerakan bersih pantai dan laut yang dipusatkan di sepanjang Pantai Gandoriah Kota Pariaman hari ini Jum’at (13/12/2019).

Walikota Pariaman Genius Umar sebelum memulai kegiatan ini memberikan apresiasi kepada semuan peserta gerakan bersih pantai dan laut dan Walikota juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua stakeholder

“ Hari ini kita melaksanakan gerakan bersih pantai dan laut, bersih atau tidaknya pantai menentukan kebudayaan kita. Kalau pantainya kotor maka bisa dinilai dihulunya juga kotor tetapi apabila dilihat pantainya bersih, tentu dihulu juga bersih. Kebersihan pantai mencerminkan kebuduyaan yang tinggi, “ ungkap Walikota Pariaman Genius Umar.

Sejak Tahun 1980 Alm.Anas Malik Bupati Padang Pariaman sudah mengajarkan masyarakat hidup bersih khususnya area pantai, karena ia mempunyai cita - cita yaitu memiliki pantai yang bersih. Mari kita teruskan perjuangan Almarhum untuk selalu menjaga kebersihan pantai.

“ Alhamdulillah masyarakat Kota Pariaman hingga saat ini masih mampu meneruskan cita - cita dari Almarhum Anas Malik menjaga kebersihan pantai di Kota Pariaman. Membersihkan pantai bukan saja menjelang puncak Hari Nusantara namun setiap hari kita selalu membersihkannya, “ tambahnya.

Sementara itu Kepala Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan laut (BPSDPL) Padang Modasir mengatakan kegiatan ini bisa dilaksanakan karna dukungan dari Pemerintah Kota Pariaman dan stakeholder lainnya dalam rangka Hari Nusantara 2019 di Kota Pariaman.

Pantai gandoriah Kota Pariaman merupakan salah satu pantai yang indah sehingga akan dijadikan kawasan konservasi Kota Pariaman yang akan di usulkan ke Kementerian Kelautan.

"Konservasi ini merupakan rumah ikan yang harus dijaga kebersihannya, untuk itu mari bersama kita jaga keindahan dan kebersihan pantai agar kota kita jadi indah dan berseri, “ ungkapnya.

Gerakan bersih pantai dan laut dibagi dengan empat zona dengan satu orang koordinator yang membawa dengan bendera.

Setiap zona telah diletakkan kantong sampah dan sarung tangan yang digunakan untuk membersihkan area pantai. Semua sampah yang telah diambil akan dikumpulkan ketruk sampah untuk dibuang ke tempat pembuangan akhir sampah Kota Pariaman.(dewi lestari/harsy)



TerPopuler